Anak ITB Kerja Bakti Pascabanjir Bandang

oleh -4 views
Ilustrasi.(news.okezone.com)
Arrief Ramdhani
Anak ITB Kerja Bakti Pascabanjir Bandang.(news.okezone.com)
Anak ITB Kerja Bakti Pascabanjir Bandang.(news.okezone.com)

LEBIH dari delapan ribu rumah warga di Kabupaten Bandung Selatan habis terendam banjir bandang, baru-baru ini. Pascabanjir, hanyalah tersisa lumpur, sampah, dan puing-puing bangunan.

Sebuah unit kecil di bawah naungan Kementerian Manajemen Lingkungan Kabinet Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (KM-ITB), yaitu yaitu Ganesha Disaster Management (GDM), berinisiatif dan peduli membantu warga sekitar dengan melakukan kerja bakti membersihkan puing-puing banjir bandang. Aksi ini dipimpin oleh Rumaisa Restiani, mahasiswa jurusan Geologi angkatan 2011.

banner 728x90

Mengusung slogan ‘Wani Teu?‘ (‘Berani Apa Tidak?), GDM menggandeng dengan Korsa Salman-ITB dan mengajak segenap civitas akademika ITB untuk turut serta bergotong-royong pascabanjir Bandung. Mereka memilih Kampung Citeurep, Dayeuh Kolot, Bandung sebagai sasaran utama karena wilayah tersebut belum tersentuh oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) daerah Bandung.

Menteri Manajemen Lingkungan KM-ITB, Ferosa Arsadita mengatakan, kegiatan tersebut dilandasi sikap saling membantu terhadap sesama manusia. “Tidak ada alasan untuk tidak turun tangan membantu korban banjir, karena kebetulan kami bisa membantu dan saat liburan,” ujar Ferosa, seperti dilansir laman ITB, Senin (5/1/2015).

Mahasiswi jurusan Meteorologi angkatan 2011 itu menyebut, masyarakat menanggapi kegiatan ini dengan sangat baik. Mereka pun sangat senang sudah dibantu.

Ferosa berharap, individu yang terlibat dan tergerak dalam kegiatan serupa akan lebih banyak. “Berlandaskan kesukarelaan, ke depannya akan dibentuk tim yang lebih baik dan terkoordinasi baik,” ucapnya.

Sebelum kegiatan gotong-royong, civitas akademika yang tergabung dalam KM-ITB Disaster Response Team (KDRT) juga melakukan aksi tanggap darurat banjir pada 23 Desember lalu. Bekerjasama dengan Salman-ITB Health Centre, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dan dokter sukarelawan mendirikan balai pengobatan. Bahkan mereka ikut membantu evakuasi korban banjir bandang menuju tempat pengungsian. Selain itu, KM-ITB juga menyalurkan bantuan logistik berupa obat-obatan, makanan siap saji, makanan bayi, selimut, pakaian dan pembalut wanita.(kampus.okezone.com)

 

25 thoughts on “Anak ITB Kerja Bakti Pascabanjir Bandang

  1. Ping-balik: fake watches
  2. Ping-balik: meja qq
  3. Ping-balik: steelbitepro
  4. Ping-balik: Power to Choose
  5. Ping-balik: trimty
  6. Ping-balik: CZ pistols for sale
  7. Ping-balik: Paris OG strain
  8. Ping-balik: mspy price
  9. Ping-balik: ดูบอล
  10. Ping-balik: replica prada
  11. Ping-balik: 토토
  12. Ping-balik: hp server servis
  13. Ping-balik: cvv dumps for sale
  14. Ping-balik: buy dmt online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.