Alur Proses PPDB Karawang

oleh -9 views
Ilustrasi PPDB
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

KEBINGUNGAN terhadap proses PPDB (Penerimaan  Peserta Didik Baru) Karawang,dapat terjawab lewat alur proses yang secara lengkap dijelaskan di website PPDB.Dalam pelaksanaannya, PPDB online Karawang punya dua website yang bisa dikunjungi  siswa. Pertama adalah website PPDB tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama) https://ppdbsmpkarawang2013.net/, kedua adalah website untuk tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas) yang bisa dikunjungi di alamat https://ppdbkarawang.com/.

Dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang, Agus Supriatman, PPDB online dibuat agar memudahkan semua pihak. Siswa sebagai pendaftar bisa mengakses semua infor­masi secara real time apalagi ditambah dengan adanya layanan SMS (Short Messages Service) Center di nomor 3988. Tanpa harus repot-repot ke sekolah tujuan, pendaftar bisa mengakses semua informasi cukup melalui telepon geng­gamnya.

Sementara bagi pengawas, pemerhati pendidikan dan masyarakat umum, proses PPDB bisa dipantau dan turut mengamati. “Urutan pendaf­tar yang diterima di sekolah bisa dipantau lewat perolehan passing grade (nilai kelulusan) mereka. Publik akan lang­sung mengetahui jika ada kecurangan dalam proses PPDB melalui perolehan pass­ing grade di website. Akan jadi keganjilan kalau pendaftar dengan passing grade kurang dari ambang batas, namanya tercantum di daftar siswa yang diterima,” jelas Agus.

Tidak ada alasan pendaf­taran PPDB online sulit karena minim sosialisasi atau banyak orang tua murid yang “gaptek” (gagap teknologi), sebab pihak Telkomsel selaku provider penyedia layanan website dan SMS center siap menerjunkan sumber daya manusia mereka untuk mem­bantu proses ini ke setiap sekolah. “Perwakilan di setiap sekolah diberik pelatihan oleh penyedia layanan agar nanti­nya bisa membantu mereka yang kesulitan mendaftar. Penyedia layanan pun akan menurunkan SDM (Sumber Daya Manusia) mereka ke lokasi,” ungkap Agus.

Sementara itu, kekhawatiran beberapa pihak dengan serangan cracker (hacker jahat) akan diantisipasi lewat back up data secara berkala. Serangan cracker bisa beragam, seperti defacing (mengubah tampilan) website PPDB, serangan denial of service attack (DoS attack) atau distributed denial of service attack (DDoS attack) yang menye­babkan server down dan tidak bisa diakses. Pihak penyedia layanan dan Disdikpora Karawang sudah melakukan upaya antisipasi jika terjadi serangan-serangan tadi. (kabar Gapura)

 Alur PPDB Karawang1

 Alur PPDB Karawang2

 Alur PPDB Karawang3

 

 

One thought on “Alur Proses PPDB Karawang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.