Alokasi Bidikmisi 2014 Bakal Ditambah Siapkan 60 Ribu Kursi untuk Mahasiswa Baru

oleh -2 views
Ilustrasi (solopos.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (solopos.com)
Ilustrasi (solopos.com)

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah mendistribusikan kuota beasiswa pendidikan mahasiswa miskin (bidikmisi) ke seluruh PTN dan sejumlah PTS. Sampai saat ini, belum ada perubahan distribusi itu. Setiap kampus diminta untuk menyerap kuota bidikmisi sebesar-besarnya. Penambahan kuota menunggu penetapan APBN Perubahan 2014.

Mendikbud M. Nuh mengatakan, secara nasional, kuota bidikmisi untuk mahasiswa baru 2014 adalah 60 ribu kursi. Jumlah tersebut lantas dibagi-bagikan ke sejumlah perguruan tinggi negeri maupun swasta. “Kami evaluasi terus besaran kuota di masing-masing PTN atau PTS,” kata Nuh Sabtu (1/3).

Nuh menambahkan, bagi kampus yang tahun lalu tidak efektif dalam menyerap atau menyalurkan bidikmisi, kuotanya bisa jadi dikurangi tahun ini. Sebagai gantinya, kuota hasil pengurangan itu dilimpahkan ke kampus-kampus yang tahun lalu kekurangan kuota bidikmisi. “Intinya, kami bagi secara proporsional,” paparnya seraya menambahkan, saat ini jumlah penerima bidikmisi mencapai 150 ribuan mahasiswa.

Mantan rektor ITS tersebut mengungkapkan, pemerintah terus menambah kuota bidikmisi. Sebagai perbandingan, kuota bidikmisi tahun lalu hanya sekitar 50 ribu kursi. Menurut Nuh, kuota bidikmisi tahun ini juga bisa ditambah lagi. Syaratnya, mereka mendapatkan alokasi anggaran tambahan dalam APBN Perubahan 2014. Dalam APBN 2014, anggaran Kemendikbud untuk program bidikmisi ditetapkan Rp 1,4 triliun.

Nuh menuturkan, setiap kampus diminta untuk memanfaatkan mahasiswa bidikmisi yang sudah berkuliah. Para mahasiswa bidikmisi itu bisa diajak untuk memverifikasi pelamar bidikmisi 2014. Dengan cara itu, keterkaitan antara mahasiswa bidikmisi yang sudah berkuliah dan yang baru terus ada.

Hingga saat ini, belum ada laporan kampus yang sulit mencari pelamar bidikmisi baru. Sebab, sekarang masih dibuka pendaftaran pelamar bidikmisi. Setelah masa pendaftaran itu ditutup, baru diketahui apakah sudah sesuai dengan kuota atau masih ada sisa.

Pendaftaran bidikmisi dijadikan satu dengan sistem seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN). Panitia SNM PTN 2014 melaporkan, per 26 Februari lalu sudah ada 4.500 pelamar program bidikmisi. Sedangkan jumlah total pelamar SNM PTN 2013 hingga 26 Februari mencapai 31 ribu siswa. Pendaftar SNM PTN, termasuk program bidikmisi, terus bertambah setiap hari.(jpnn.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.