Aksen dalam UN Bahasa Inggris Bikin Siswa Bingung

oleh -14 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

HARI ketiga ujian nasional (UN), siswa SMA/sederajat mengerjakan soal ujian Bahasa Inggris. Serupa Matematika, banyak siswa mengeluh kesulitan mengerjakan ujian Bahasa Inggris ini.

Siswa SMAN 68 Jakarta, Leoni Dwi Agitha, misalnya, mengaku soal ujian Bahasa Inggris tahun ini lebih sulit ketimbang soal UN tahun-tahun sebelumnya. Leoni memang kerap berlatih menjawab soal ujian dari buku kumpulan soal UN.

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

“Beda banget sama soal sekarang. Aku pikir kisi-kisi untuk try out (TO) hampir sama dengan soal UN dan gampang, tapi ternyata beda banget,” ucap siswi kelas XII IPA 4 itu ketika berbincang dengan Okezone, di SMAN 68, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (16/4/2014).

Menurut Leoni, reading adalah bagian ujian Bahasa Inggris yang sulit dikerjakan. Dia menduga, kesulitan itu terjadi karena soal UN tahun ini dibuat dengan memakai standar ujian dunia.

“Kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh di tweetnya, soal UN Bahasa Inggris tahun ini bertaraf internasional,” ungkapnya.

Tidak jauh berbeda dengan Gafran Zikri. Meski dia menilai soal-soal bahasa Inggris biasa saja, siswa kelas XII IPS 2 itu mengatakan, ada empat soal yang membuatnya kesulitan.

“Contohnya, ada soal cerita yang tidak hanya untuk orang awam tapi lebih mengarah ke bidang ekonomi,” tuturnya.

Listening adalah bagian yang membuat Gafran kelimpungan. Alasannya, aksen penutur dalam rekaman soal sulit dipahami.

“Ngomongnya aksen Irish (Irlandia), enggak British (Inggris) dan enggak juga Inggris Amerika, jadi sulit untuk memahami pengucapan kalimatnya,” katanya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.