Akreditasi Jadi Pertimbangan Siswa Memilih Kampus

oleh -1 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

SETIAP mahasiswa pasti ingin mendapatkan fasilitas pendidikan dari perguruan tinggi terbaik dengan akreditasi yang baik pula. Karena itu, tidak heran jika akreditasi menjadi elemen penting bagi calon mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi.

Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair), Prof Dr Anwar Ma’ruf drh, MKes menuturkan akreditasi pada program studi menjadi elemen penting jika kampus ingin dipromosikan.

“Sebab, calon mahasiswa pasti menjadikannya sebagai bahan pertimbangan,” ungkapnya seperti dinukil dari laman Unair, Rabu (13/7/2016).

Hal itulah yang mendorong Unair di jenjang Pascasarjana untuk terus mendapatkan akreditasi A bagi prodi yang ada. Saat ini terdapat 12 Prodi di jenjang Pascasarjana, namun baru satu yang memiliki akreditasi A. Empat prodi di antaranya memiliki akreditasi B, sedangkan tujuh prodi yang lain masih memiliki akreditasi C.

“Satu prodi yang diajukan tahun ini sudah mendapat keputusan dan akreditasinya B. Jadi, kami tinggal mengurus dan menunggu enam prodi lainnya,” ujarnya.

Di tahun depan, semua prodi yang masih memiliki akreditasi B juga akan diajukan kembali pada BAN-PT. Sehingga pada 2018, semua prodi di jenjang pascasarjana bisa memiliki akreditasi A.

Selain itu, sekolah pascasarjana ini juga akan mengaktifkan organisasi mahasiswa semacam Badan Eksekutif. Sehingga keaktifan mahasiswa bisa memiliki nilai sendiri.

“Selama ini kan ada asumsi, kalau sudah jadi mahasiswa S-2 dan S-3, sudah tidak perlu berorganisasi. Namun, pandangan itu kan bisa saja keliru. Makanya, kami nanti akan membuka peluang berorganisasi bagi para mahasiswa,” tambahnya.(news.okezone.com)