Ajang Berbagi Sekaligus Silaturahmi Sesama Pendidik

oleh -3 views
Ajang Berbagi Sekaligus Silaturahmi Sesama Pendidik (inilahkoran.com)
Arrief Ramdhani
Ajang Berbagi Sekaligus Silaturahmi Sesama Pendidik (inilahkoran.com)
Ajang Berbagi Sekaligus Silaturahmi Sesama Pendidik (inilahkoran.com)

SESEKALI, tangan kanan Anna Musdalifah mencatat beberapa poin yang ia anggap penting di sebuah buku tulis yang sengaja ia bawa saat narasumber seminar memaparkan materinya di hadapan para peserta.
Anna adalah satu dari puluhan peserta seminar yang digelar KinaryaGagas dengan tema Menghadapi Tantangan Dalam Mengelola PAUD yang hadir pada saat itu. Wakil Kepala Sekolah TK Assalaam ini mengaku senang bisa mengikuti seminar yang bisa memberikan wawasan bagi para pesertanya ini.

“Alasan saya ikut kegiatan ini, pertama ikut mengapresiasi kegiatan tersebut, kedua kita ingin menambah wawasan tentang manajemen sekolah itu seperti apa. Di acara sharing ini kita bisa menggali ilmu tersebut,” kata Anna kepada INILAH, Selasa (30/8).

Dia menuturkan, seminar yang berdurasi kurang dari tiga jam ini dinilai sangat penting. Apalagi, kata dia, tema yang diangkatnya ini terbilang sangat jarang, sehingga para peserta yang hadir diharapkan bisa menambah wawasan yang tentunya bisa diaplikasikan di sekolahnya masing-masing.

Selain mengikuti seminar, rupanya momen seperti ini dijadikan sebagai ajang silaturahmi dengan para guru dan kepala sekolah dari berbagai sekolah yang berbeda. Mereka saling berbagi ilmu antara satu dan lainnya.

“Sangat penting. Bagi saya yang tak kalah pentingnya adalah di sini kita bisa menjalin silaturahmi dengan guru-guru lain, sharing program, kita bisa menginspirasi antara satu dan yang lainnya,” ujarnya.

Menurut dia, materi tentang Menghadapi Tantangan Dalam Mengelola PAUD ini

harus sering dilakukan sehingga para pemangku kebijakan kepala sekolah tahu persis bagaimana cara mengelola suatu sekolah yang baik dan benar.

“Di sini kan dijelaskan apa yang harus dilakukan seorang kepala sekolah, manajemen guru, manajemen sumber daya manusia (SDM) guru, sampai dengan ide-ide kreatif pembelajaran,” ucapnya.

Sebagai seorang guru, dia berharap, melalui seminar ini banyak ilmu yang bisa dia dapatkan. Sehingga ilmu yang sudah ada bisa bertambah dan tentunya bisa diaplikasikan di sekolahnya itu.

“Harapan saya untuk semua sekolah bisa kembali lagi mengadakan hal serupa seminar seperti ini, cakupannya sih kalau bisa lebih luas lagi. Saya mengikuti seminar seperti ini sudah tiga kali, karena tema tentang manajemen ini jarang,” pungkasnya. (inilahkoran.com)