Ajak Anak Semangat Berkarya Bersama Kampung Kreatif Seni Rupa

oleh -68 views
Ajak Anak Semangat Berkarya Bersama Kampung Kreatif Seni Rupa.(inilahkoran.com)
Arrief Ramdhani
Ajak Anak Semangat Berkarya Bersama Kampung Kreatif Seni Rupa.(inilahkoran.com)
Ajak Anak Semangat Berkarya Bersama Kampung Kreatif Seni Rupa.(inilahkoran.com)

SETIAP anak memiliki potensi kreatif sesuai bidang yang mereka minati. Tanpa bimbingan yang tepat, potensi itu takkan pernah teraktualisasikan.
Saat melangkahkan kaki menuju sebuah jalan kecil dikawasan Jalan Jatayu, Cicukang 2 RT 05/07, Kelurahan Husein Sastranegara, Kecamatan Cicendo Kota Bandung, ada sebuah rumah yang setiap hari Minggu digunakan untuk kegiatan belajar bagi anak-anak sekitar.

Kegiatan ini digelar Komunitas Kampung Kreatif Seni Rupa.  Penuh keceriaan, sejak pagi bocah-bocah ini sudah berkumpul di satu rumah yang lokasinya tepat berada di pinggir rel kereta api itu. Di sini mereka melakukan sejumlah kegiatan, mulai dari kerja bakti, belajar menggambar hingga belajar mengaji.

banner 728x90

Sebelum kegiatan menggambar dimulai, terlebih dahulu mereka akan melakukan kerja bakti untuk membersihkan wilayahnya sekitar. Rasa kekeluargaan yang begitu kental, rupanya semakin mempererat satu dan lainnya untuk bahu-membahu membuat lingkungan mereka jauh lebih bersih.

“Kegiatan ini kita coba untuk meminimalisasi kegiatan negatif. Daripada main enggak jelas kan, lebih baik membuat suatu kegiatan yang lebih positif. Jadi mereka supaya punya pendidikan yang kuat terutama dari segi agamanya,” papar pembimbing Komunitas Kampung Kreatif Seni Rupa, Ratna Yulia saat ditemui INILAH, Jumat (21/8).

Dia mengatakan, kegiatan yang dilakukannya ini bukan semata untuk belajar saja. Lebih dari itu, Komunitas Kampung Kreatif Seni Rupa ini ingin mengajak anak-anak tersebut jauh lebih kreatif dan memiliki inisiatif dalam diri masing-masing.

“Biasanya anak-anak menggambar tentang alat-alat kebersihan, misalnya gambar sapu, tong sampah, apapunlah yang mereka mau, ya mereka gambar. Ini kan untuk memancing kreativitas mereka juga,” katanya.

Dia menambahkan, untuk kegiatan keagamaannya sendiri, anak-anak ini akan belajar mengaji. Kegiatan ini biasa mereka lakukan selepas Maghrib sampai dengan Isa. Meski durasinya cukup singkat, namun banyak hal positif yang di dapatkan.

“Saat ini anak-anak jauh lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Baik dari segi sopan santun, cara berkomunikasi ataupun dari segi kreatifitasnya. Memang sih, belum semuanya, tapi setidaknya mereka jauh lebih baik dan sopan,” ujarnya.

Ratna berharap, Komunitas Kampung Kreatif Seni Rupa dapat memberi dampak positif bagi seluruh masyarakat. Dia ingin, anak-anak yang mereka bina memiliki cita-cita yang tinggi, sukses serta bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya ingin anak-anak ini diselamatkan, jangan sampai pendidikannya terputus, dan pendidikan agamanya lebih kuat. Jangan sampai di usia SMP mereka berhenti sekolah dan tidak menjadi apa-apa,” pungkasnya.(inilahkoran.com)