Aher dan 1.000 Siswa SD Kampanye Mencuci Tangan

oleh -4 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

GUBERNUR Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Ketua Tim Penggerak PKK Netty Heryawan bersama sekitar 1.000 siswa SD di wilayah Bandung Raya memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia.
Dalam sambutannya, Aher mengkampanyekan kebiasaan cuci tangan pakai sabun (CTPS). Kebiasaan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

“Gerakan ini sederhana tapi memiliki manfaat yang banyak, salah satunya bisa menghambat penyakit 47%,” ujarnya di halaman Gedung Sate, Jumat (16/10/2015).

banner 728x90

Menurutnya, Pemprov Jabar memiliki kewajiban untuk ikut membangkitkan kesadaran menjaga kebersihan bagi masyarakat Jabar sejak dini. Dengan cara ini diharapkan kualitas kesehatan masyarakat akan semakin meningkat.

Dia menilai perilaku hidup sehat tercermin dari kebiasaan mencuci tangan pakai sabun terutama sebelum makan. Dengan cara ini maka sebagian kuman penyakit akan hilang.

“Masyarakat harus cinta kebersihan dan kesehatan. Saya harap kebiasaan cuci tangan menggunakan sabun ini dapat menjadi kebiasaan dalam keseharian,” katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Jabar Netty Heryawan menilai, gerakan cuci tangan menggunakan sabun harus didukung dengan ketersediaan air bersih. Oleh karena itu, pihaknya meminta dukungan serupa dari seluruh pihak.

Menurutnya, kebiasaan cuci tangan belum tentu cukup untuk menjaga kesehatan sehingga dibutuhkan kebiasaan lain yang demi melahirkan pola hidup bersih dan sehat.

“Gerakan ini juga membutuhkan perhatian semua pihak karena terkait dengan fasiitas air bersih. Tanpa adanya air bersih yang bisa diakses masyarakat maka gerakan ini tidak akan berhasil,” paparnya.

Namun, dia berharap kebiasaan cuci tangan dapat membantu meningkatkan kesehatan warga Jabar sehingga menjadikan provinsi Jabar sebagai provinsi paling sehat.

“Gerakannya mudah, murah dan sederhana tapi manfaatnya luar biasa,” pungkasnya. (inilahkoran.com)