Ada Penyimpangan PPDB 2014, Adukan ke Ombudsman!

oleh -1 views
Ilustrasi PPDB
Arrief Ramdhani
Ilustrasi PPDB
Ilustrasi PPDB

PENYELENGGARAAN Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB 2014 kembali dihelat di penghujung Juni 2014. Sejumlah sekolah dari jenjang SD hingga SMA/sederajat telah bersiap menjaring calon peserta didiknya. Sebagaimana pelaksanaan PPDB tahun lalu, aneka penyimpangan masih terjadi.

“Oleh karenanya, bagi masyarakat yang mengalami penyimpangan pelayanan publik dalam pelaksanaan PPDB diharapkan segera melaporkannya ke Lembaga Negara Pengawas Pelayanan Publik, Ombudsman Republik Indonesia,” ungkap Ombudsman Bidang Penyelesaian Laporan, Budi Santoso.

Kendati mengimbau masyarakat untuk berani mengadukan penyimpangan dalam pelaksanaan PPDB, Budi tetap berharap pelaksanaan PPDB tahun ini bebas dari maladministrasi. Hal ini harus menjadi perhatian serius mengingat sejumlah pelanggaran yang terjadi berpotensi menghambat sistem pendidikan nasional.

Merujuk pada laporan yang diterima Pos Pengaduan PPDB Ombudsman RI pada 2012/2013, lembaga negara yang mengawasi perilaku maladminstratif ini mendapati 50 aduan masyarakat.

“Angka tersebut meningkat pada PPDB 2013/2014 hingga mencapai 388 laporan. Tiga substansi laporan terbanyak: permintaan uang, barang dan jasa (183 aduan), penyimpangan prosedur (78) dan tidak memberikan layanan (43),” katanya.

Berangkat dari fakta tersebut, Budi mengimbau instansi terkait agar dapat memperketat proses pengawasan PPDB 2014/2015. Bilamana tetap terjadi penyimpangan, ujar dia, maka sanksi tegas harus segera diberikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan, Pos Pengaduan PPDB 2014 Ombudsman RI tersebar di 33 provinsi Indonesia. Keberadaannya berlokasi di 32 kantor perwakilan dan satu kantor pusat di Jakarta. “Pengaduan melalui situs resmi Ombudsman RI juga bisa dilakukan dengan cara mengakses www.ombudsman.go.id atau melalui pesan singkat di 08119899031,” tutupnya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.