9 Mahasiswa UPI Ikuti Nation Building Djarum Beasiswa Plus 2013

oleh -10 views
berita.upi.edu
Arrief Ramdhani
berita.upi.edu
berita.upi.edu

SEBANYAK 515 mahasiswa berprestasi dari 88 perguruan tinggi di 34 Provinsi di Indonesia berkumpul di Semarang – Jawa Tengah pada 7 – 13 November 2013 untuk mengikuti perhelatan Nation Building yang diselenggarakan oleh Bakti Pendidikan Djarum Foundation bagi para mahasiswa berprestasi yang terpilih menjadi penerima Djarum Beasiswa Plus angkatan 29.

Dari jumlah total 515 orang mahasiswa tersebut, terdapat 9 orang mahasiswa UPI yang terdiri dari Diki Saputra (Pend.Ekonomi/FPEB), Dudih Sutrisman (PKn/FPIPS), Juwita Rahmahati (IPSE/FPMIPA), Marchela Indah Atrisia (Manajemen/FPEB), Nyi Raden Alifa Maruani Saleha Soerianingrat (Pend.Bhs.Inggris/FPBS), Restu Surya Dinagara (Pend.Bhs.Inggris/FPBS), Reza Septiana (PKn/FPIPS), Vika Andina (Matematika/FPMIPA), dan Yogi Saputra Mahmud (Pend.Bhs.Inggris). Keberadaan 9 Orang Mahasiswa UPI tersebut di Semarang bukanlah kebetulan, mereka telah melalui persaingan ketat pada tahapan seleksi yang diselenggarakan Djarum Foundation dimana mereka berhasil lolos mengungguli sekitar 300 orang pendaftar Beswan Djarum dari UPI.

Acara Nation Building yang mengambil tema “Kemilau Intan Indonesia” yang mengangkat pesona Pulau Kalimantan ini merupakan acara perdana yang mengumpulkan para Penerima Djarum Beasiswa Plus yang biasa disebut sebagai Beswan dari Seluruh Indonesia. Kegiatan ini terdiri dari beragam acara yang dikemas sedemikian rupa sehingga dapat menambah khazanah pengetahuan para Beswan, diantaranya kegiatan Talkshow Kebangsaan yang dipandu oleh Rosiana Silalahi dan dihibur oleh bintang tamu Andra & The Backbone, kemudian kegiatan Cultural Visit ke Kota Kudus dimana para Beswan berkunjung ke PT.Djarum, Djarum Oasis Kretek Factory, Mesjid Menara Kudus/Makam Sunan Kudus, kemudian ke GOR Bulutangkis Djarum untuk kemudian para Beswan diajak untuk belajar membuat batik dengan motif batik Kalimantan.

Selama berada di Semarang para Beswan dilatih menjadi Tim Choir dan Tim Teater untuk mempersembahkan sebuah mahakarya oleh Tim Denny Malik Manajemen. Menjadi Tantangan bagi Para Beswan dalam waktu yang relatif singkat dan padat mereka ditantang untuk mempersembahkan mahakarya profesional.

Malam Dharma Puruhita 2013 yang diselenggarakan di Hall PRPP Semarang pada 12 November 2013 malam menjadi bukti bagi keseriusan para beswan dihadapan tamu undangan yang terdiri dari Para Rektor/Perwakilan dari 88 Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Primadi H. Serad selaku Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation menjelaskan bahwa Djarum Foundation sudah melakukan seleksi kepada total 17.144 Mahasiswa se-Indonesia. Setelah melalui proses yang panjang,  akhirnya total 515 orang Mahasiswa dari 88 perguruan tinggi di 34 Provinsi terpilih sebagai penerima beasiswa Djarum angkatan 2013/2014.

Pada Acara Nation Building 2013 ini Beswan Djarum membahas tuntas tentang pulau Kalimantan yang punya berjuta keindahan dari berbagai sisi. Semua yang ada di Kalimantan seperti tari tradisional, alat musik tradisional, pantai yang indah, rumah adat, hingga keanekaragaman penduduk dan suku Dayak Kalimantan turut dipertontonkan dengan konsep teater musikal yang seluruh aktornya adalah seluruh Beswan Djarum. Malam Dharma Puruhita ini dimeriahkan oleh kehadiran Dion “Idol”, Ello dan, Monita Tahalea. Kegiatan tersebut membuka secara resmi program pembinaan softskill bagi Para Beswan Djarum.(berita.upi.edu)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.