7 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Otak

waktu baca 4 menit
Rabu, 31 Mei 2023 19:31 0 243 Udan Muhdiana

SIAPBELAJAR.COM – Otak adalah organ vital yang membutuhkan banyak energi. Fungsi otak yang optimal bergantung pada nutrisi yang didapatkan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Ikan, biji-bijian, buah beri, hingga alpukat, adalah makanan yang perlu selalu ada dalam jadwal makan supaya fungsi otak terjaga hingga jangka panjang.

Selain itu, setiap makanan yang dikonsumsi berdampak besar pada struktur otak. Mengonsumsi makanan yang meningkatkan fungsi otak bisa mendukung kinerja otak dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Otak menggunakan sekitar 20 persen kalori tubuh, sehingga membutuhkan banyak bahan bakar yang baik untuk mempertahankan sepanjang hari.

Pembuatan Website

Otak juga membutuhkan nutrisi tertentu supaya tetap sehat. Misalnya makanan yang mengandung asam lemak omega 3 untuk membangun dan memperbaiki sel-sel otak dan antioksidan mengurangi stres dan peradangan seluler. Hal ini juga berkaitan dengan penuaan otak dan gangguan neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer.

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Otak

Ada beberapa makanan yang berperan dalam menjaga kesehatan otak dan meningkatkan fungsi tertentu, seperti memori dan konsentrasi. Berikut ini makanan yang baik untuk rutin dikonsumsi demi fungsi otak yang optimal:

1. Ikan

Minyak ikan adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik. Omega-3 membantu membangun membran di sekitar setiap sel dalam tubuh, termasuk sel-sel otak. Maka itu, kandungan ini bisa memperbaiki struktur sel-sel otak yang disebut neuron. Contoh ikan yang mengandung tinggi omega-3, yaitu di antaranya ikan salmon, ikan kembung, ikan tuna dan ikan sarden.

2. Cokleat Hitam

Cokelat hitam (dark chocolate) mengandung kakao, sedangkan kakao mengandung flavonoid sejeni antioksidan. Perlu diketahui, antioksidan penting untuk kesehatan otak, karena sangat rentan terhadap stres oksidatif.

Kondisi ini berkontribusi pada penurunan kognitif terkait usia dan penyakit otak. Flavonoid juga baik untuk otak, ia bisa mendorong pertumbuhan neuron dan pembuluh darah di bagian otak yang terlibat dalam kinerja memori. Flavonoid juga bisa menstimulasi aliran darah di otak.

3. Buah Jenis Berry

Sama seperti coklat hitam, banyak buah beri yang mengandung antioksidan flavonoid. Itulah sebabnya beri jadi makanan yang baik untuk otak. Antioksidan dalam buah beri membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif.

Antioksidan dalam buah beri di antaranya anthocyanin, asam caffeic, catechin, dan quercetin. Senyawa antioksidan dalam buah beri memiliki banyak efek positif pada otak yaitu dapat meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak, mengurangi peradangan di seluruh tubuh, meningkatkan plastisitas, yang membantu sel-sel otak membentuk koneksi baru, meningkatkan daya ingat dan mengurangi atau menunda penyakit neurodegeneratif terkait usia dan penurunan kognitif.

Buah jenis beri yang kaya antioksidan yaitu stroberi, blackberry, blueberry, blackcurrant, dan murbei.

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Mengonsumsi banyak kacang-kacangan dan biji-bijian baik untuk otak, karena makanan ini mengandung asam lemak omega-3 dan antioksidan. Asupan kacang dikaitkan dengan fungsi otak yang lebih baik di usia yang lebih tua.

Kacang-kacangan dan biji-bijian dengan jumlah vitamin E yang tinggi, yaitu biji bunga matahari, kacang almond dan kacang hazel.

5. Alpukat

Selain sumber lemak tak jenuh yang sehat, buah alpukat bisa mendukung kesehatan otak. Mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal bisa mengurangi tekanan darah tinggi, terutama yang berkaitan dengan penurunan kognitif.

Dengan mengurangi tekanan darah tinggi, lemak tak jenuh dalam alpukat bisa menurunkan risiko penurunan kognitif.

6. Telur

Makanan untuk tingkatkan fungsi otak berikutnya adalah telur. Makanan yang digemari oleh banyak orang ini bisa menjadi makanan yang baik bagi fungsi otak yang efektif.

Mereka adalah sumber dari beberapa vitamin B, seperti vitamin B-6, vitamin B-12, dan asam folat. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin ini dapat mencegah penyusutan otak dan menunda penurunan kognitif.

7. Brokoli

Makanan untuk tingkatkan fungsi otak selanjutnya adalah brokoli. Selain menjadi sumber serat makanan yang rendah kalori, brokoli juga menjadi sayuran yang baik untuk otak. Brokoli kaya akan senyawa yang disebut glukosinolat, yang menghasilkan isothiocyanate.

Isothiocyanates dapat mengurangi stres oksidatif dan menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif. Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin C dan flavonoid, yang mana antioksidan ini dapat meningkatkan kesehatan otak seseorang.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.
Pembuatan Website
LAINNYA