690 Kepala Sekolah di Kab Bandung akan Dievaluasi

Saturday 19 October 2013 , 1:09 AM
Ilustrasi

Ilustrasi

SEBANYAK 690 kepala sekolah dari berbagai tingkatan di Kabupaten Bandung kemungkinan besar akan diganti.


Selain itu, para kepala sekolah yang sudah dua kali menjabat akan dievaluasi kinerja, prestasi, dan komitmennya terhadap dunia pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bandung Agus Firman mengatakan, periodisasi kepala sekolah tersebut sesuai dengan peraturan bupati (Perbup) No 15/2013.

“Merujuk pada perbup itu, para kepala sekolah yang sudah dua periode atau lebih menjabat akan dievaluasi. Serta tidak menutup kemungkinan akan diganti dengan yang baru,” kata Agus Firman, Jumat (18/10/2013).

Tak hanya rotasi kepala sekolah, perbup itu pun mengatur mengenai asesor pengawas untuk semua tingkatan sekolah. Agus mengatakan, pihaknya saat ini sedang membentuk asesor pengawas.

“Para pengawas inilah yang akan mengevaluasi dan memberikan penilaian kepada 690 kepala sekolah. Termasuk untuk para penggantinya,” ujar dia.

Sebelum memasuki tahapan pembentukan tenaga asesor, kata Agus, pihaknya telah melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis tentang kepala sekolah. Saat ini para kepala sekolah itu tengah mempersiapkan diri mengikuti uji kompetensi.

“Untuk soal uji kompetensi kepala sekolah, tetap dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP),” katanya.

Dalam evaluasi itu, kepala sekolah yang telah menjabat dua periode atau 8 tahun akan diberi kesempatan menjabat kepala sekolah selama satu periode lagi. Syaratnya, mereka lulus seleksi saat dievaluasi dengan nilai amat baik.

“Tetapi kalau tidak lulus, terpaksa diganti dan dikembalikan sebagai guru biasa,” katanya.(inilahkoran.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.