60 Peserta Terancam Gagal Terima Bidik Misi Unpad

oleh -3 views
Ilustrasi (solopos.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (solopos.com)
Ilustrasi (solopos.com)

SELAMA dua hari, sebanyak 3.055 calon mahasiswa baru Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung Tahun Akademik 2014/2015 jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melakukan registrasi administrasi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 334 calon mahasiswa terdaftar sebagai peserta Bidik Misi.
Kepala Biro Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad Isis Ikhwansyah menyebut, 334 orang tersebut diperoleh dari hasil flagging di jalur SBMPTN yang mendaftar ke program Bidik Misi. Sementara jumlah penerima Bidik Misi dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebesar 626 orang.

“Bahkan, kemarin ada surat dari Dikti agar Unpad di samping yang telah ditetapkan juga membuka tambahan kuota Bidik Misi sebesar 50 orang. Jumlah ini akan kami cari dari calon mahasiswa yang lulus SBMPTN,” kata Isis, seperti dilansir dari situs Unpad, Rabu (13/8/2014).

Sementara itu, Kasubag Registrasi Unpad Agus Muchtarom menjelaskan, dari 334 orang yang tercatat sebagai penerima Bidik Misi, sebanyak 60 orang di antaranya terindikasi gagal menerima beasiswa tersebut. Indikasi tersebut, lanjutnya, didasarkan pada biodata calon pelamar yang tidak memenuhi kriteria Bidik Misi.

“Seperti penghasilan orangtua di bawah Rp3 juta, jumlah tanggungan orangtua, serta tingkat pendidikan dan jabatan dari orangtua. Maka pada 12 dan 13 Agustus 2014 akan kami lakukan verifikasi kembali dari total 334 tersebut,” ujar Agus.

Bidik Misi merupakan program beasiswa yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bagi para mahasiswa dengan prestasi akademik gemilang namun terkendala dalam bidang keuangan. Para penerima Bidik Misi akan dibebaskan dari segala biaya kuliah hingga lulus dan mendapat biaya hidup Rp600 ribu per bulan.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.