6 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Flu

waktu baca 3 menit
Sabtu, 17 Jun 2023 11:03 0 155 Neli Krismawati

SIAPBELAJAR.COM – Flu atau influenza merupakan penyakit yang tidak boleh dianggap remeh. Meski gejalanya terlihat ringan, seperti batuk dan pilek, penyakit ini berisiko menimbulkan masalah kesehatan lain yang lebih parah.

Berkurangnya nafsu makan saat terkena flu bisa membuat tubuh kekurangan vitamin dan mineral. Kondisi ini perlu segera diatasi karena gejala sakit flu dapat mereda dengan cara meningkatkan sistem imun tubuh melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Makanan sehat dapat memberikan tubuh energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Efek seperti itu sama pentingnya ketika kita sedang terserang flu. Namun, bukan sembarang makanan yang bisa dikonsumsi selama flu. Pertimbangkan untuk mengonsumsi makanan tertentu saat sedang terserang flu.

Berikut ini beberapa pilihan makanan yang perlu dicoba untuk meredakan flu:

Pembuatan Website

  1. Sup Ayam

Sup ayam menggabungkan manfaat kaldu dengan bahan-bahan tambahan. Ayam potong memberikan tubuh zat besi dan protein sehingga kalian akan mendapatkan nutrisi dari wortel, rempah dan seledri. Sahabat siapbelajar, kalian bisa makan sup ayam selama flu untuk membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan membuat perut kenyang.

  1. Susu, Telur, dan Daging Rendah Lemak

Sumber protein, seperti susu, telur dan daging, baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh karena dapat menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Dengan begitu, sistem imun bisa lebih efektif dalam membasmi virus dan kuman di dalam tubuh.

Protein dibutuhkan untuk menghasilkan antibodi, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan mendukung proses pemulihan tubuh ketika sakit atau luka. Oleh karena itu, kalian perlu mencukupi asupan protein selama terkena flu agar bisa cepat pulih.

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu obat tradisional yang sudah cukup umum dikonsumsi untuk meredakan batuk, pilek dan sakit tenggorokan akibat flu. Tidak hanya itu saja, berbagai riset juga menyatakan bahwa jahe memiliki efek antivirus.

Untuk mendapatkan manfaat jahe guna mengobati gejala flu, sahabat siapbelajar bisa mengolahnya menjadi minuman teh jahe hangat yang ditambahkan madu dan lemon.

  1. Madu

Selain jahe, madu juga termasuk salah satu obat tradisional yang dapat meredakan flu. Madu juga diketahui memiliki efek antioksidan dan antiradang sehingga dapat meringankan gejala flu.

Namun, perlu diketahui juga bahwa madu tidak boleh diberikan kepada anak usia di bawah 1 tahun, karena berisiko menyebabkan keracunan atau botulisme.

  1. Sayuran Hijau

Bayam, kangkung dan sayuran hijau lainnya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat terserang flu. Sayuran hijau memiliki vitamin C dan vitamin E, sebagai nutrisi penambah kekebalan lainnya. Gabungkan sayuran berdaun hijau dengan buah dalam smoothie, atau memakannya mentah dengan perasan lemon dan minyak zaitun.

  1. Oatmeal

Saat sedang sakit, semangkuk bubur gandum panas dapat menjadi pilihan makanan yang menenangkan dan bergizi. Oat, seperti biji-bijian utuh lainnya merupakan sumber alami vitamin E dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Oat juga mengandung antioksidan polifenol serta serat beta-glukan yang dapat memperkuat kekebalan tubuh.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.
Pembuatan Website
LAINNYA