590 Ribu Peserta Siap “Tanding” di SBMPTN

oleh -2 views
Ilustrasi (jabar.tribunnews.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (jabar.tribunnews.com)
Ilustrasi (jabar.tribunnews.com)

SEKIRA 590 ribu calon mahasiswa siap bertarung untuk memperebutkan kursi di perguruan tinggi negeri (PTN) melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 pada 18 Juni mendatang.
Ketua Panitia SBMPTN 2013 Akhmaloka menyampaikan, jumlah tersebut sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh panitia. “Kami menargetkan peserta SBMPTN 2013 sebanyak 500-600 ribu. Maka, jumlah tersebut telah memenuhi target,” ujar Akhmaloka, ketika berbincang dengan Okezone, Senin (10/6/2013).

Namun, hingga kini Akhmaloka mengaku pihaknya belum melakukan rekapitulasi para peserta berdasarkan perguruan tinggi maupun pilihan program studi (prodi). Dia menyatakan, rekapitulasi data yang mereka lakukan sebatas untuk mengetahui jumlah peserta setiap wilayah.

“Kami belum rekap data per perguruan tinggi atau prodi. Kami hanya melihat peserta di tiap wilayah sebagai data untuk distribusi soal. Setelah ujian nanti, baru bisa direkap prodi dan perguruan tinggi favorit,” tuturnya.

Menurut Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu, mereka memang tengah memfokuskan diri dengan penyiapan dan distribusi soal ujian SBMPTN. Maka, setelah mendapatkan jumlah pasti peserta, dia mengaku segera menginstruksikan percetakan untuk mencetak soal.

“Saya mengamati detik-detik terakhir penutupan pendaftaran SMPTN pada Sabtu 8 Juni 2013 pukul 22.00 WIB karena masih banyak pendaftar yang masuk. Kemudian, segera menginstruksikan percetakan untuk mencetak soal sesuai dengan jumlah terakhir itu,” urai Akhmaloka.

Menjaga berbagai kemungkinan, dia menyebut telah melakukan distribusi soal. Meski pelaksanaan SBMPTN 2013 masih satu minggu, naskah soal untuk daerah terpencil sudah mulai didistribusikan.

“Distribusi soal sudah disiapkan. Untuk pulau-pulau kecil di Indonesia Timur juga sudah berangkat. Minggu ini semua akan didistribusikan karena kami ingin H-2, soal sudah sampai semua di lokasi ujian. Kalau tidak ada apa-apa, Insya Allah everything will be alright,” katanya ramah.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.