5 Kelemahan yang Dapat Mematikan Covid-19

oleh -15 views
Gambar Desain Agus Print

SIAPBELAJAR.COM – Perkembangan Covid 19 di berbagai negara   semakin mengkhawatirkan termasuk di Indonesia. Banyak orang semakin khawatir akan keselamatan diri sendiri dan keluarga. Kondisi ini telah berdampak terhadap berbagai dimensi kehidupan.

Paling parahnya  secara tidak langsung telah mereduksi tatanan sosial dan kultural bahkan dalam pelaksanaan ibadah.

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Berbagai upaya telah diterapkan pemerintah. Diantaranya yang paling populer adalah kebijakan phisical distancing dan social distancing walaupun terasa pahit.

Bahkan intruksi Lock Down dan Karantina Wilayah mulai diterapkan di berbagai tempat termasuk meliburkan sekolah.

Sampai hari ini belum adanya obat maupun Vaksin Covid 19. Namun, meski menyebar dengan cepat, Virus Corona juga masih punya kelemahan yang bisa dimanfaatkan untuk memutus rantai penularan.

Berikut 5 kelemahan Virus Corona :

  1. Bisa dikalahkan oleh antibody. Ketika seseorang terinfkesi covid 19 maka anti bodi akan muncul sebagai bentuk perlawanan. Orang yang antibodinya tinggi tidak disertai penyakit yang lain, kemungkinan besar akan memenangkan peperangan.
  2. Bisa dibunuh dengan disinfektan. Covid 19 disebabkan oleh Virus corona disamping SARS, MERS. Secara umum karakter keluarga coronavirus cukup mirip, yaitu dianggap lemah jika harus berhadapan dengan bahan disinfektan.Oleh karena itu dengan penggunaan disinfektan yang benar akan melemahkan covid-19
  3. Mudah hilang dengan pelarut lemak. Virus corona, bisa hancur dan mati jika terkena sabun. Itulah sebabnya, kita dianjurkan untuk rajin cuci tangan dengan air dan sabun.
  4. Lemah di permukaan. Virus corona memang bisa bertahan beberapa hari di permukaan. Namun, seiring berjalannya waktu, virus ini tidak lagi cukup kuat untuk bisa menimbulkan infeksi.
  5. Tak kuat di suhu Panas. Data (WHO) menyebutkan bahwa , virus penyebab SARS bisa terbunuh pada suhu 56°C. Berjemur beberapa saat merupakan salah satu pilihan terbaik untuk membunuh virus corona penyebab covid 19.

Penulis, Yayat Hidayat S.Pd Guru SMA Negeri 6 Tasikmalaya