5% Formasi CPNS Terbuka untuk Semua Jurusan

oleh -4 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

SETIAP formasi dalam seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) mensyaratkan jurusan tertentu. Lantas, bagaimana dengan lulusan jurusan tertentu yang ingin mendaftar sebagai CPNS tapi tidak ada dalam formasi di berbagai kementerian maupun lembaga?

Wakil Kepala Biro Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menyatakan, kondisi tersebut dapat diatasi dengan tersedianya formasi yang terbuka bagi semua jurusan. Program tersebut, lanjutnya, baru pertama dibuka tahun ini.

“Ada lima persen formasi yang terbuka bagi semua jurusan. Baru tahun ini. Untuk menampung jurusan yang tidak dibutuhkan di birokrasi. Misalnya teknologi nuklir dan biologi molekular,” ujar Bima dalam Simulasi CAT Online di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (30/8/2014).

Sementara itu, Bima mengungkap, untuk jurusan yang mengutamakan jenis kelamin tertentu bukan sebuah bentuk diskriminasi. Prioritas tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan beban kerja dan tanggung jawab yang dibutuhkan dari formasi tersebut.

“Ada kata mengutamakan pelamarnya pria, bukan berarti wanita tidak bisa. Tahun lalu, sebagian besar yang lolos seleksi pada sebuah formasi di Kemenkum HAM adalah perempuan, padahal bidang pekerjaan itu menjadi sipir di lembaga pemasyarakatan. Kasihan kalau wanita yang di sana, makanya sekarang ditulis mengutamakan pria. Tapi tidak mungkin yang tidak lulus jadi diluluskan walaupun mengutamakan pria. Tetap dilihat nilai ujian,” jelasnya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.