410.531 Siswa Madrasah Aliyah Ikuti UAMBN

oleh -136 views
Ilusrtasi (www.maarif-nu.or.id/)
Arrief Ramdhani
Ilusrtasi (www.maarif-nu.or.id/)
Ilusrtasi (www.maarif-nu.or.id/)

SEBANYAK 410.531 siswa Madrasah Aliyah akan mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) yang dijadwalkan berlangsung selama tiga hari, mulai Senin 14 sampai dengan Rabu 16 Maret 2016.

Direktur Pendidikan Madrasah Kemenag M. Nur Kholis Setiawan mengatakan, UAMBN diharapkan berfungsi sebagai bahan pertimbangan dalam pemetaan mutu madrasah, umpan balik perbaikan program pembelajaran, dan alat pengendali mutu pendidikan.
Tema UAMBN adalah “Mewujudkan Siswa Madrasah yang Jujur, Berprestasi, dan Bermanfaat”.

banner 728x90

UAMBN akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dan dikoordinasi oleh para kepala bidang pendidikan madrasah di Kanwil Kemenag Provinsi serta Kepala Seksi Pendidikan Madrasah di Kantor Kemenag kabupaten/kota.

Mengenai mata pelajaran yang diujikan ada lima yang merupakan pelajaran ciri khas madrasah, yaitu Alquran Hadits, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan Bahasa Arab. Khusus untuk siswa MA dengan peminatan keagamaan, ujian akan difokuskan pada pelajaran Ilmu Kalam, Akhlak Tasawwuf, SKI, dan Bahasa Arab.

Sementara itu, berbeda dengan Madrasah Aliyah, UAMBN Madrasah Tsanawiyah (MTs) rencananya baru akan digelar pada 11 s.d. 13 April 2016.(pikiran-rakyat.com)