4 Solusi Naskah UN Rusak

oleh -4 views
Ilustrasi (solopos.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (solopos.com)
Ilustrasi (solopos.com)

SALAH satu kendala dalam pelaksanaan ujian nasional (UN) adalah rusaknya paket soal, entah karena distribusi maupun pengepakan yang kurang rapi. Tetapi, panitia UN diharapkan tidak gusar apalagi panik.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) kota Solo menetapkan empat solusi yang bisa dilakukan penyelenggara UN ketika menemukan naskah UN dalam kondisi rusak.

“Solusi ini ditetapkan agar panitia tidak kebingungan bila menemukan kerusakan pada naskah UN,” ujar Ketua Panitia UN 2013 kota Solo, Bambang Wahyono kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Kamis (11/4/2013).

Solusi pertama, menurut Bambang, pengawas ruang mengambil naskah soal dan lembar jawab Komputer (LJK) cadangan yang masih utuh di ruang lain. Pengambilan itu harus disaksikan oleh Kepala Sekolah tempat penyelenggara UN dan pengawas dari satuan pendidikan tinggi.

Solusi kedua, kata Bambang, bila di ruang kelas lain di satu sekolah tidak ada sisa naskah soal dan LJK, maka pengawas ruang bisa segera mencari naskah UN cadangan utuh di sekolah terdekat. Pengambilan juga harus disaksikan oleh Kepala Sekolah dan pengawas dari satuan pendidikan tinggi.

Solusi ketiga adalah bila solusi pertama dan kedua tidak didapat naskah UN, menurut Bambang, pengawas ruang mengopi naskah dari siswa yang soal UN dan LJKnya masih belum dikerjakan.

“Konsekuensinya kedua siswa yang bersangkutan harus diberi tambahan waktu dalam menyelesaikan jawaban UN,” jelasnya.

Solusi keempat, apabila baik solusi pertama, kedua maupun ketiga tidak bisa dilakukan, maka pengawas bisa meminta siswa untuk mengerjakan pada naskah UN atau kertas tersendiri.

“Kalau siswa bersangkutan sudah selesai mengerjakan, maka oleh tim dari pendidikan tinggi, jawaban siswa tersebut dipindahkan ke LJK,” tutur Bambang.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.