4 PTN di Bandung Sediakan 40 Ribu Kursi

oleh -1 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

EMPAT Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Bandung, Jawa Barat menyediakan sekira 40 ribu kursi untuk calon mahasiswa baru yang akan masuk melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013.
Empat kampus negeri yang menyediakan 40 ribu kursi kosong itu yakni Universitas Padjadjaran (UNPAD), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung.

Sekretaris Eksekutif SBMPTN Panitia Lokal Bandung Asep Gana menyebutkan, jumlah 40 ribu kursi kosong yang disediakan tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu yakni 36 ribu kursi.

“Kita sediakan sekira 40 ribu, ini jauh lebih banyak dibandingkan kuota tahun lalu,” kata Asep, dalam jumpa pers di kampus Unpad, Jalan Dipatiukur, Bandung, Kamis (4/4/2013).

Kuota 40 ribu tersebut berdasarkan peningkatan peminat yang ingin masuk PTN yang mencapai 10-15 persen pertahunnya. Artinya, antusiasme calon mahasiswa sangat tinggi dalam mengikuti saringan masuk ke kampus negeri.

“Rincian penerimaan mahasiswa untuk program Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) atau Sos Humaniora sebanyak 15 ribu, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau Saintek 15 ribu. Dan untuk Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC) sebanyak 10 ribu,” bebernya.

Pendaftaran SBMPTN 2013 sudah berlangsung sejak 15 Maret 2013 lewat online dengan mengakses www.sbmptn.or.id. Biaya seleksi SBMPTN untuk kelompok IPA dan IPS sebesar Rp175 ribu, untuk IPC Rp200 ribu, dan ujian keterampilan Rp150 ribu per jenis ujian keterampilan.

Asep mengakui ada kenaikan biaya pendaftaran. Sebab, tahun ini tidak ada subsidi dari pemerintah. Namun kelebihan pada pendaftaran kali ini satu peserta bisa memilih tiga  program studi (prodi). “Sebelumnya kan hanya dua prodi,” ujarnya.

Sementara ujian tulis akan dilaksanakan 18-19 Juni 2013, dan untuk ujian keterampilan dilaksanakan 20-21 Juni 2013. Hasil ujian ini akan diumumkan Jumat 12 Juli 2013.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.