4 Mata Kuliah Penunjang Karier

oleh -1 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

LULUS kuliah dan mendapat pekerjaan pertama enggak pernah mudah. Bagi kebanyakan fresh graduate, ijazah dan transkrip nilai menjadi modal utama dalam perburuan lowongan pekerjaan.
Tetapi, ternyata, meski belum memiliki pengalaman kerja, kita bisa mengasah kemampuan profesional sejak masa kuliah. Caranya, dengan mengambil mata kuliah yang tepat untuk mengembangkan profesionalitas tersebut.

Bisnis dan pemasaran

Dalam dunia kerja dan lingkungan kantor, kita harus bisa menjadi seorang “penjual”, apa pun posisi yang kita tempati.

“Pencari kerja harus bisa menjual diri mereka tidak hanya kepada calon atasan saat rekrutmen, tetapi juga ketika mereka telah mendapatkan pekerjaan. Khususnya ketika sedang mempresentasikan ide atau dalam masa promosi,” kata pendiri Come Recommended Heather R Huhman, seperti dilansir CBS News, Minggu (28/4/2013).

Berbicara di depan umum (public speaking)

Mata kuliah yang dapat membantu kita dalam sesi interview kerja atau suasana rapat adalahpublic speaking. Enggak ada salahnya mengambil mata kuliah ini meski jurusan kita tidak mewajibkannya.

Selain itu, kata Heather, bermain teater juga dapat berguna saat kita berburu pekerjaan. “Teater mengajarkan kita mengontrol emosi dan menangkap perhatian para penonton. Kita juga belajar berkomunikasi dengan audiens yang beragam,” imbuhnya.

Teknik

Pekerjaan-pekerjaan dengan bayaran besar bagi generasi muda saat ini adalah pada bidang teknik. Sebut saja teknik perminyakan, teknik perangkat lunak (software), manajemen informasi dan teknologi IT), desain perangkat keras (hardware), dan manajemen produk perangkat lunak.

Nah, jika tertarik mendalami ilmu teknik, pastikan kita menguasai bidang ini habis-habisan. Ada baiknya kita memiliki keunggulan pada satu bidang teknik secara spesifik. Misalnya, jika memilihsoftware dan pemograman, pastikan kita menguasai satu bahasa pemograman sebagai modal utama kerja.

Wirausaha 

Dalam kondisi ekonomi yang tidak stabil ini, keahlian dan kemampuan mengembangkan ide usaha yang segar adalah hal yang sangat berharga. Mata kuliah wirausaha pun akan menjadi bekal kita memahami konsep bisnis, berpikir kreatif, mampu memecahkan masalah dan membuat perubahan dengan usaha yang kita rintis.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.