4.126 Siswa akan Berlaga di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2013

oleh -2 views
kemdiknas.go.id
Arrief Ramdhani
kemdiknas.go.id
kemdiknas.go.id

WARNA-WARNI jaket kontingen peserta Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dari 33 provinsi menghiasi kesemarakan pembukaan ajang olahraga bergengsi ini di Balikpapan Sport and Convention Center (Dome Balikpapan), Senin (1/7/2013).  Tampak para peserta sangat menikmati suguhan ice breakingdengan sangat antusias bernari dan bernyanyi bersama sebelum acara pembukaan secara resmi.

Sebanyak 4.126 peserta didik dari jenjang sekolah dasar/sekolah dasar luar biasa (SD/SDLB), sekolah menengah pertama/sekolah menengah pertama luar biasa (SMP/SMPLB), sekolah menengah atas/sekolah menengah luar biasa (SMA/SMLB), dan sekolah menengah kejuruan (SMK) akan mengikuti berbagai pertandingan olahraga yang dilaksanakan di dua kota, Balikpapan dan Samarinda, mulai 1 Juli hingga 6 Juli 2013.

Tidak kurang dari 7.506 orang berbagai elemen turut memeriahkan acara ini, seperti dewan juri, panitia, pendamping, perwakilan dinas provinsi dan kabupaten/kota, maupun orang tua dan keluarga peserta dari berbagai provinsi.

 

Kegiatan O2SN merupakan salah satu kegiatan tahunan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang mewadahi potensi siswa di bidang olahraga sekaligus menumbuhkan karakter kecintaan dan kebanggaan kepada bangsa Indonesia. Dengan mengusung tema “Menciptakan Generasi Emas Indonesia Berkarya dan Berprestasi”, O2SN ini menjadi ajang bertemunya siswa siswa se tanah air untuk menunjukkan kemampuan dalam bidang olahraga.

Direktur Pembinaan SD, Ibrahim Bafadal, pada sambutannya memaparkan bahwa kegiatan O2SN ini adalah yang keenam kalinya dimana menjadi sarana berkumpul dan berkompetisi dan unjuk prestasi berdasarkan kemampuannya masing-masing. “Betapa banyaknya siswa berbakat di bidang olahraga. Telah disiapkan piagam, mendali, dan tabungan. Bukan itu saja yang ditargetkan peserta, tapi lebih meningkatkan pendidikan karakter sebagai upaya pembentukan sikap, mental, sportivitas, kejujuran, dan rasa solidaritas yang tinggi antar sesama peserta yang nantinya akan turut meningkatkan mutu pendidikan,” paparnya.

Sebanyak 12 cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain:

SD: atletik, bulu tangkis, tenis meja, catur, renang, karate, pencak silat, senam, voli mini, tenis, sepak takraw;

SMP: atletik, renang, bulu tangkis, voli, karate, pencak silat, catur;

SLB/SMPLB: atletik (lari, lompat jauh, balap kursi roda), catur, bulu tangkis;

SMA: atletik, bulu tangkis, tenis meja, karate, pencak silat;

SMLB: atletik (lari, lompat jauh, lempar cakram), bulu tangkis, catur;

SMK: tenis meja, bulu tangkis, basket, voli, catur.

Turut memeriahkan acara pembukaan O2SN, pagelaran tarian Kemilau Nusantara oleh yayasan Bina Seni Budaya Kaltim, Setia Band, dan Blue Shadow band sebagai home band.(kemdiknas.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.