39.675 Peserta Ikuti Simak UI

oleh -4 views
Universitas Indonesia
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Kampus Universitas Indonesia

SEBANYAK 39.675 peserta mengikuti ujian Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK) UI, pada Ahad (30/6). Penyelenggaraan SIMAK UI 2013 ini dilakukan secara serentak di 17 kota di Indonesia.
Pejabat Rektor UI Muhammad Anis mengatakan, dari 39.675 peserta yang mengikuti ujian SIMAK UI tersebut, nantinya hanya memperebutkan sekitar 3.125 kursi yang tersedia. ”Jalur melalui ujian SIMAK UI ini, kuotanya 20 persen,” ujar Anis, Ahad (30/6), saat ditemui di Kampus UI, Depok, Jawa Barat.

Ia menjelaskan, kuota sebanyak 20 persen itu pun, berdasarkan ketentuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Jumlah kuota peserta yang nantinya terterima di setiap program studi (prodi) pun, sama dengan tahun lalu. ”Tahun ini jumlahnya kurang lebihnya sama. Hanya saja ada dua prodi baru, Ilmu Ekonomi Islam dan Bisnis Islam,” katanya.

Dua puluh persen kuota SIMAK UI untuk Fakultas Kedokteran ialah sekitar 36 kursi. Ia mengatakan, sedangkan 20 persen kuota melalui jalur ini untuk Fakultas Hukum UI ialah 60 kursi.

Anis menerangkan, dari hampir 40 ribu yang mengikuti SIMAK UI tahun ini, dua di antaranya peserta berkebutuhan khusus. Masing-masing peserta mengerjakan dua jenis soal ujian. Satu berupa soal kemampuan dasar dan satunya lagi soal sesuai dengan penjurusan. Masing-masing soal sebanyak 60 soal.(republika.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.