39.507 Peserta Ikuti Seleksi Masuk UI

oleh -3 views
Logo UI
Arrief Ramdhani
UI menjadi salah satu PTN penerima peserta SBMPTN 2013. (Foto: dokumentasi UI)
Logo UI 

SEBANYAK 39.507 peserta mengikuti ujian seleksi masuk (SIMAK) Universitas Indonesia (UI) 2014 yang dilaksanakan secara serentak di 17 kota di Tanah Air.

“Para mahasiswa yang diterima di Universitas Indonesia pada program S1 Reguler melalui SIMAK dibebaskan dari uang pangkal,” kata Penjabat Rektor Universitas Indonesia Muhamad Anis, usai meninjau pelaksanaan Simak di kampus UI Depok, Ahad.

Ia mengatakan, uang pangkal (UP) program S1 Reguler tidak lagi dibebankan kepada orang tua/wali mahasiswa.
Pembebasan UP bagi mahasiswa S1 Reguler dimungkinkan karena kebijakan UI untuk mengalokasikan beban biaya UP dari dana BOPTN (Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri).”Dana ini diperoleh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,” jelasnya.

Menurut dia, bagi para mahasiswa UI Program S1 Reguler tahun akademik 2013/2014, baik yang lulus melalui SNMPTN, SBMPTN ataupun SIMAK UI, hanya akan dikenakan biaya uang kuliah atau Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) sebesar Rp100.000 sampai maksimal Rp5.000.000 per semester untuk jurusan IPS atau Rp100.000 sampai maksimal Rp7.500.000 per semester untuk jurusan IPA.

“Rentang biaya BOP-B tersebut disesuaikan dengan kemampuan dan tanggungan finansial orangtua/wali mahasiswa,” katanya. Lebih lanjut ia mengatakan, dalam Simak UI kali ini diikuti oleh tujuh dia ntaranya adalah peserta berkebutuhan khusus.(republika.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.