318 Siswa Ikuti MO’nEICS Tingkat SD se-Jabar

oleh -30 views
Ilustrasi.(okezone.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi.(okezone.com)
Ilustrasi.(okezone.com)

SEBANYAK 318 peserta dari 37 sekolah dasar di berbagai daerah Jawa Barat mengikuti MO’nEICS, yaitu olimpiade matematik, bahasa inggris, IPA, serta Teknologi Informasi dan Komputer tingkat Sekolah Dasar se-Jawa Barat. Kegiatannya berlangsung dua hari digelar SMPN 1 Subang memperebutkan piala bergilir Gubernur Jawa Barat.

Bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan MO’nEICS tersebut digelar pula pameran dengan menghadirkan stand ekstrakulikuler, mulai dari OSIS, pramuka, PMR, hingga kesenian. Kemudian bazar yang diikuti 28 stand dari tiap kelas siswa SMPN 1, serta dimeriahkan lomba menggambar SD dan pagelaran angklung.

banner 728x90

Kepala SMPN 1 Subang, Anda Sukanda mengatakan MO’nEICS merupakan agenda tahunan, sudah di gelar enam tahun berturut-turut. Tujuannya ikut mengembangkan wawasan pengetahuan para peserta, utamanya di bidang Matematika, bahasa Inggris, IPA, serta Teknologi Informasi dan Komputer.

“Kami berharap melalui kegiatan ini muncul siswa berbakat dan berprestasi, di empat bidang itu. Bagi peserta yang berhasil menjadi juara 1, 2, dan 3 menjadi nilai plus untuk tiket masuk SMPN 1. Sebenarnya dari pengalaman, mereka yang juara itu pasti bisa lulus seleksi ketika masuk SMP dengan hasil diatas rata-rata,” ujarnya, Selasa (16/12/2014).

Dikatakan Anda, di SMPN 1 Subang selain merekrut siswa berprestasi dibidang mata pelajaran, menyiapkan formasi khusus bagi siswa berprestasi di segala bidang. Utamanya bagi siswa yang berprestasi sebagai juara di tingkat kabupaten. “Dalam MO’nEICS kali ini, setiap peserta mendapat 40 soal yang disiapkan khusus. Dari 40 itu, 25 soal diambil dari kurikulum SD, dan 15 lagi acuannya merunjuk ke soal-soal olimpiade internasional,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Subang, Engkus Kusdinar mengambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut. Dia berharap melalui kegiatan tersebut nantinya muncul siswa berprestasi dan berbakat yang bisa mewakili kabupaten Subang ditingkat Jabar maupun Nasional. “Di Olimpiade Saint, siswa SMPN 1 menjadi andalan mewakili kabupaten Subang ke lomba di tingkat Jabar untu matermatika, IPS, Biolgi dan Fisika. “Malahan untuk biologi, siswa SMPN 1 Subang bisa masuk ke tingkat nasional menjadi salah satu wakil Jabar,” ujarnya.(pikiran-rakyat.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.