309 Mahasiswa UPI Ikuti Seleksi OSN 2013

oleh -2 views
berita.upi.edu
Arrief Ramdhani
berita.upi.edu
berita.upi.edu

PERTAMINA bekerjasama dengan universitas Indonesia dan didukung oleh 37 perguruan tinggi di seluruh Indonesia kembali menyelengggarakan seleksi peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2013, Rabu, 27 November 2013 di Auditorium FPMIPA UPI Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung. UPI sebagai perguruan tinggi mitra mengemban tugas untuk pelaksanaan event tahunan tersebut di wilayah Jawa Barat. Penyelanggaraan seleksi OSN di wilayah Jabar tidak hanya dilaksanakan di Kampus UPI saja tetapi dilaksanakan di empat universitas diantaranya, Universitas Padjajaran (UNPAD), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

OSN Pertamina merupakan kompetisi ilmiah bagi para mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia sebagai wadah bagi generasi muda untuk mengekspresikan diri, menampilkan karya cipta, serta mengukir prestasi.

Seleksi  OSN tahun ini yang diselenggarakan di UPI diikuti sebanyak 309 mahasiswa UPI dan 18 mahasiswa ITS. Seperti penyelenggaraan tahun sebelumnya, kompetisi OSN terdiri dari dua kategori diantaranya, kategori Teori dan kategori Proyek Sains (Poster). Pada kategori Teori akan mengkompetisikan empat bidang ilmu seperti, bidang Matematika (155 peserta), bidang  Fisika (104 peserta), bidang Kimia (115 peserta) dan bidang Biologi (91 peserta). Sedangkan untuk kategori Proyek Sains akan dikompetisikan karya seperti bidang Aplikasi Perangkat Lunak, bidang Rancang Bangun, dan bidang Produk Riset yang diikuti oleh 6 grup.

Dalam kesempatan tersebut, Pembantu Rektor Bidang Kemnahasiswaan dan Kemitraan UPI, Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum, menyampaikan bahwa UPI sebagai universitas yang memiliki fakultas ilmu sains, maka sudah kewajiban UPI untuk memfasilitasi mahasiswanya dalam mengikuti kegiatan yang positif khususnya yang berhubungan dengan keilmuan.

Menurutnya, event seperti ini merupakan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengaktualisasikan diri serta mengekspresikan hasil pemikiran yang bermanfaat bagi bangsa.

“Aspek pengalaman dan tukar pikiran merupakan tujuan utama dalam mengikuti ajang seperti ini, bukan hanya sekerda untuk meraih prestasi saja”, kata Prof. Dadang.(berita.upi.edu)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.