3 Konsekuensi Bagi Sekolah yang Terapkan Sistem Full Day

oleh -7 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

SALAH satu upaya yang dilakukan sekolah untuk memenuhi tambahan 4-6 jam belajar per minggu adalah menerapkan program full day. Maksudnya, siswa hanya bersekolah selama lima hari namun dengan jam belajar hingga sore hari.
Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, sekolah yang ingin berubah menjadi full day harus memikirkan konsekuensi dari program tersebut. Dia menyebut, ada tiga konsekuensi yang harus dipenuhi sekolah yang ingin menerapkan sistem full day.

“Pertama, sekolah harus memiliki dukungan fasilitas yang memadai. Termasuk biaya makan. Tidak mungkin dari pagi sampai sore anak hanya disuruh duduk dan mendengar kan saja. Harus dipikirin untuk penyediaan makanan bagi anak setiap hari. Ini tidak mudah,” ujar M Nuh selepas pembukaan pemilihan Pendidik dan Tenaga Pendidik Nasional Berprestasi di Hotel Sahid, Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (13/8/2014).

Kedua, lanjutnya, sekolah harus merancang aktivitas secara utuh dalam satu kendali. Baik kegiatan akademik maupun kegiatan ekstrakurikuler. Semuanya harus disusun dengan jelas.

“Ketiga, semua membawa konsekuensi pada pembiayaan. Tambahan biaya operasional guru. Untuk negeri belum saatnya, tapi suatu saat akan bisa. Di Samarinda ada satu sekolah, yakni SMA Melati yang sudah menerapkan sistem full day dengan sarana dan prasarana yang memadai,” paparnya.

Dia menambahkan, tidak menutup kemungkinan untuk dua atau lebih sekolah melakukan penggabungan untuk menghasilkan sarana dan prasarana lebih baik sehingga bisa menerapkan kurikulum 2013 secara efektif. Namun, kebijakan tersebut terletak pada kewenangan pemerintah daerah.

“Di Surabaya ada tiga SD negeri dengan fasilitas berbeda. Namun atas inisiatif Wali Kota Surabaya tiga sekolah itu digabung menjadi satu sekolah. Yang punya kewenangan untuk menggabungkan sekolah adalah pemerintah daerah,” ungkap mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.