3.751 Mahasiswa UPI Jalani PPL Kependidikan

oleh -4 views
3.751 Mahasiswa UPI Jalani PPL Kependidikan
Arrief Ramdhani
3.751 Mahasiswa UPI Jalani PPL Kependidikan
3.751 Mahasiswa UPI Jalani PPL Kependidikan

SEBANYAK 3.751 mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia dilepas oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan dan Hubungan Internasional UPI Prof. E. Aminudin Aziz, M.A., untuk mengikuti Program Praktek Lapangan (PPL) Kependididkan semester genap 2013/2014, Kamis (17/7/2014) di Gedung Balai Pertemuan UPI Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung.

Dalam pelaksanaan PPL Kependidikan tersebut, UPI bermitra dengan sekolah 293 sekolah jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan MA yang ada di Kota Bandung. Dan melibatkan dosen pembimbing PPL seabnyak 653 orang.

Menurut Prof Amin, saat ini menjadi guru bukan profesi asal-asalan, guru yang profesional  dibutuhkan keseriusan. Tidak hanya ilmu tetapi penampilan fisik pun harus diperhatikan.

“Ketika Anda masuk kelas, Anda harus menunjukan sikap dan berpenampilan seorang guru yang profesional.” Ujar Prof. Amin

Ia berharap, selama PPL agar melaksanakan tugas mengajar sesuai dengan yang diharapkan atau sesuai dengan ketentuan dan pedoman yang berlaku diantaranya kurikulum. Kemudian melaksanakn tugas-tugas lainnya yang bisa memperlancar kegiatan selama anda di sekolah.

Dikatakan Prof. Amin, tahun ini merupakan angkatan terakhir UPI melaksanakan program PPL. Tahun depan UPI akan memberlakukan program Pendidikan Profesi Guru (PPG), sehingga ketika para mahasiswa lulus kuliah akan diberikan sertifikat sebagai guru profesional

“Tugas tambahan anda adalah mengubah kualitas pendidikan di Jawa Barat, yang Bandung Adalah Barometernya. Berikan inspirasi dan motivasi kepada unsur sekolah baik itu para guru maupun siswa untuk merubah model pembelajaran yang ada saat ini. Hal ini saya titipkan kepada ada karena anda merupakan awal menuju perubahan.” Tambah Prof. Amin.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UPI menghimbau agar selama proses pelaksanaan PPL semua unsur yang terlibat untuk memberikan manfaat dan kerjasama bagi kelancaran penyelenggaraan PPL serta bagi dunia pendidikan.

Kehadiran para dosen pembimbing di sekolah amat sangat diperlukan tentunya dengan program yang jelas. Para pembimbing ini dapat memberikan feedback bagi guru pamong maupun mahasiswa agar mengetahui permasalahan yang ada di sekolah sehingga penyelesaiannya pun tidak asal-asalan, katanya.

“Kerjasama antara kedua pihak sangat dibutuhkan antara dosen pembingbing, guru pamong serta mahasiswa, sehingga diharapkan ada manfaatkan yang dirasakan baik oleh UPI, sekolah khususnya bagi dunia pendidikan.” ungkap Rektor.(berita.upi.edu)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.