230.029 Kepala Sekolah Belum Miliki Setifikat Kompetensi

Wednesday 22 May 2019 , 12:41 PM

SEBANYAK  230.029 kepala sekolah belum mengantongi sertifikat kompetensi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencatat, hanya 81.904 dari 311.933 kepala sekolah yang sudah memiliki sertifikat kompetensi dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS).

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Supriano menyatakan, kewajiban memiliki sertifikat kompetensi tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah. Menurut dia, pelatihan akan dilakukan di tingkat provinsi.

“Yang lulus akan menerima sertifikat elektronik untuk memudahkan Kemendikbud dalam mengontrol distribusi kepala sekolah di daerah. Jika kepala sekolah belum ada sertifikat dan belum dapat diklat penguatan, maka kompetensinya harus ditingkatkan,” ujar Supriano di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Selasa, 21 Mei 2019.

Ia menjelaskan, kepala sekolah dituntut bertindak sebagai manajer. Dengan demikian, harus memiliki manajerial yang baik, bakat wirausaha dan visioner dalam menerapkan kurikulum pendidikan. Menurut dia, pelatihan kompetensi mengajarkan kepala sekolah untuk memiliki kemampuan tersebut.

“Kepala sekolah ini harus punya sertifkat dan itu memang diatur dalam peraturan sertfikasi tentang pendidik. Dan ini tugas kami untuk merealisasikan dan meningkatkan kualitas mereka melalui pelatihan ini,” ujarnya.

Ia menuturkan, bagi kepala sekolah yang sudah menjabat sebelum ditetapkannya Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 dan belum memiliki sertifikat calon kepala sekolah, maka kepala sekolah yang bersangkutan wajib mengikuti dan lulus diklat penguatan kepala sekolah. Saat ini yang menjadi sasaran mengikuti diklat penguatan kepala sekolah sebanyak 146.293 kepala sekolah.

Sedangkan bagi kepala sekolah yang diangkat setelah ditetapkannya Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 dan belum memiliki sertifikat calon kepala sekolah, maka kepala sekolah yang bersangkutan wajib mengikuti dan lulus diklat calon kepala sekolah. Saat ini yang menjadi sasaran mengikuti diklat calon kepalasekolah sebanyak 13.896 kepala sekolah.(pikiran-rakyat.com)

Comments are closed.