2.000 Calon Penerima Beasiswa Unggulan Lolos

oleh -17 views

SEBANYAK 2.000 calon penerima Beasiswa Unggulan (BU) dinyatakan lolos dan bisa mengikuti wawancara. Namun, karena saat ini masih masa pandemi, panitia penyelenggara BU Kemendikbud mengubah format seleksi wawancara.

“Semula wawancara selalu diselenggarakan secara fisik atau tatap muka, namun kini berubah menjadi format dalam jaringan/online,” tutur Sub Koordinator Program Beasiswa Unggulan, Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbud, I Wayan Loster, di sela-sela seleksi wawancara, di Bandung, Senin, (19/10).

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Dijelaskan, aspek yang dinilai bagi calon pelamar BU di jenjang S1 berfokus pada bagaimana aspek rasionalitas, tindakan efektif, sikap kerja serta penyesuaian diri. Sedangkan, wawancara bagi calon pelamar jenjang S2 dan S3 difokuskan untuk menggali aspek kognitif, karakteristik pribadi, orientasi, cara kerja, dan social adjustment.

“Pewawancaranya berasal dari pejabat/staf di Kemendikbud maupun akademisi/praktisi dunia pendidikan,” sebut Wayan seraya menambahkan, hasil seleksi wawancara akan diolah dan diumumkan kepada para calon terpilih melalui email resmi Puslapdik Kemendikbud.
Program BU ini secara periodik diselenggarakan Kemendikbud untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui penyediaan bantuan pendidikan dan pelatihan baik melalui jalur gelar maupun nongelar.

Program itu juga ditujukan untuk mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan dan kebudayaan, utamanya bidang-bidang yang relevan dengan pengembangan pendidikan dan kebudayaan. Diharapkan, program ini dapat mewujudkan cita-cita pemerintah dalam menciptakan insan Indonesia yang unggul serta berkualitas. ***