10 Mahasiswa UI Raih Beasiswa Marubeni Asal Jepang

oleh -2 views
Sepuluh mahasiswa UI meraih beasiswa Yayasan Marubeni dari Jepang. (kampus,okezone.com)
Arrief Ramdhani
Sepuluh mahasiswa UI meraih beasiswa Yayasan Marubeni dari Jepang. (kampus,okezone.com)
Sepuluh mahasiswa UI meraih beasiswa Yayasan Marubeni dari Jepang. (kampus,okezone.com)

SEPULUH mahasiswa unggul Universitas Indonesia (UI) memperoleh beasiswa dari Yayasan Beasiswa Marubeni asal Jepang. Pemberian beasiswa kali ketiga ini dilakukan di Gedung Rektorat UI, Kampus Depok, oleh Presiden Direktur PT Marubeni Indonesia Naoto Itakura langsung kepada penerima beasiswa.
Naoto mengatakan, beasiswa tersebut diberikan untuk mendukung pendidikan generasi muda dalam memajukan bangsa. Marubeni, kata dia, telah mengembangkan yayasan beasiswa di kawasan ASEAN termasuk Indonesia yang didirikan sejak 1999.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR), yang menunjukan komitmen perusahaan untuk mendukung mahasiswa yang kurang mampu tetapi memiliki kemampuan akademik terbaik sekaligus untuk memperkuat kontribusi kerjasama pendidikan di Indonesia. UI merupakan mitra kami sejak 2011,” kata Naoto di kampus UI, Depok, Selasa (22/10/2013).

Naoto menjelaskan, beasiswa tersebut tidak hanya sekadar biaya kuliah tetapi juga mencakup kebutuhan biaya hidup penerima beasiswa. Totalnya mencapai Rp16 juta per tahun untuk setiap mahasiswa.

“Itu untuk memberikan semangat kepada mahasiswa untuk belajar dan menyelesaikan kuliahnya sesuai jadwal, tentunya juga meningkatkan kualitas pendidikan generasi Indonesia pada umumnya,” jelasnya.

Pejabat Rektor UI Muhammad Anis mengatakan, awalnya kerjasama tersebut khusus hanya dengan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI, namun akhirnya menjadi skala universitas. Penerima beasiswa tersebut diutamakan karena prestasi akademik atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan berasal dari keluarga tidak mampu.

“Kriterianya melihat prestasi akademik, lalu pertimbangan kedua yakni bantuan finansial. Ini bagian partner yang tetap kami jaga relasinya, network, dan kontinuitas kerjasama selalu kami bangun,” ujar Anis.

Anis berharap, penerima beasiswa tersebut bisa merasa terbantu sehingga konsentrasi khusus kepada pendidikan  dan mereka tidak pusing memikirkan pembiayaan untuk meraih kesuksesan. Harapan lainnya, jaringan dan kemampuan alumni UI yang tersebar di seluruh Indonesia juga turut menjalin terus kerjasama pemberian beasiswa tersebut secara berkesinambungan.

“Saya tentu paling bahagia kalau melihat mahasiswa saya diwisuda. Ada kepuasan melihat orang sukses,” ungkapnya.

Sepuluh mahasiswa tersebut yakni lima mahasiswa dari FIB UI, dua mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI, dua mahasiswa dari Fakultas Psikologi, dan satu mahasiswa dari Fakultas Teknik. Sedikitnya terdapat 60 mitra perusahaan yang bekerjasama dengan UI untuk memberikan beasiswa, dan setiap tahun 600 mahasiswa UI selalu mendapatkan beasiswa bidikmisi dari pemerintah.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.