10 Mahasiswa PTN Ngetop Magang di Negeri Gajah Putih

oleh -5 views
10 mahasiswa magang di Thailand.(kampus.okezone.com)
Arrief Ramdhani
10 mahasiswa magang di Thailand.(kampus.okezone.com)
10 mahasiswa magang di Thailand.(kampus.okezone.com)

10 MAHASISWA dari universitas negeri ternama mendapat kesempatan untuk magang di Negeri Gajah Putih, Thailand. Senin 12 Agustus 2013 pun menjadi hari istimewa bagi 10 Mahasiswa Indonesia ini.
Kesepuluh mahasiswa yang berasal dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Gadjah Mada (UGM) ini hari itu memulai aktivitas internship (magang) mereka bersama perusahaan Multinasional Thailand, SCG (Siam Cement Grup).

Sebelum berangkat menuju internship di Bangkok esok hari, mereka mendapatkan orientasi terlebih dahulu dari HR SCG Indonesia, Fauzan, di salah satu Hotel di Thamrin, Jakarta. Dalam orientasi awal ini, Fauzan dan tim selain mengenalkan tentang SCG juga melakukan serangkaian gamesuntuk mempererat hubungan antarpeserta.

Sebelumnya, kesepuluh mahasiswa ini harus melewati serangkaian tes hingga akhirnya terpilih untuk mengikuti program International Internship SCG ini. Tahap pertama para calon peserta harus mengirimkan berkas CV (Curriculum Vitae) mereka dalam Bahasa Inggris dan mengisi form serta membuat dua esai dalam Bahasa Inggris.

Selanjutnya, peserta yang lolos seleksi tahap pertama akan diundang untuk melakukan interviewmelalui telepon maupun skype. Dalam interview yang dilakukan dalam Bahasa Inggris ini, peserta diwawancara tentang berbagai macam hal, mulai dari latar belakang keluarga, pendidikan, hingga harapan ketika terpilih nanti.

Interview ini adalah tahap akhir dalam seleksi ini, peserta yang terpilih akhirnya dihubungi langsung oleh tim Human Resource SCG. Selain mendapat orientasi di Jakarta, peserta juga mendapatkan orientasi langsung dari manajemen SCG di pusat perusahaan mereka di Bangkok, Thailand.

Manajemen SCG menjelaskan bahwa agenda ini diadakan dalam rangka memperingati 100 Tahun perusahaan mereka dan akan terus diadakan setiap tahunnya. Setelah itu para peserta mulai 14 Agustus hingga 29 Agustus akan ditempatkan pada Business Unit SCG yang berbeda-beda.
Ralf yang merupakan mahasiswa Teknik Industri ditempatkan di SCG Paper di Ratchaburi Province, Denny yang merupakan mahasiswa Teknik Pertambangan di tempatkan di SCG Cement di Saraburi Province dan Dita yang merupakan mahasiswa fakultas Hukum ditempatkan di kantor Pusat di Bangkok dan lain lain.

Di masing-masing Businees Unit ini selain akan mendapatkan pengalaman bekerja dalam perusahaan internasional, peserta juga akan diberikan project yang harus diselesaikan selama waktu intership ini.

Di setiap akhir pekannya, untuk memberikan wawasan tentang wisata Thailand, para peserta diajak untuk tour ke beberapa tempat wisata terkenal Thailand, salah satunya Grand Palace. Semoga setelah peserta dapat menimba ilmu sebanyak-banyaknya dalam program ini.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.