10 Hari Kuliah di Unpad, Mahasiswa Jepang Betah

oleh -16 views
Foto : 10 Hari Kuliah di Unpad, Mahasiswa Jepang Betah/Unpad
Arrief Ramdhani
Foto : 10 Hari Kuliah di Unpad, Mahasiswa Jepang Betah/Unpad
Foto : 10 Hari Kuliah di Unpad, Mahasiswa Jepang Betah/Unpad

INDONESIA, khususnya Bandung ternyata menimbulkan kesan tersendiri bagi lima mahasiswa asal Jepang yang menimba ilmu di Universitas Padjadjaran (Unpad). Meski hanya 10 hari, mereka mengaku memperoleh banyak pengalaman dan ilmu yang berharga.
Kelima mahasiswa tersebut adalah Yuichi Honda, Noboru Miyamoto, Yoshito Koga, Shunki Takai, dan Yuzuru Usami. Mereka mengikuti JASSO Short-Stay Program di Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unpad.

Noboru Miyamoto mengungkap, tingginya rasa solidaritas, keterbukaan, serta keramahan civitas academica Unpad mempermudahnya menjalani proses belajar. “Motivasi belajar mahasiswa Unpad juga begitu tinggi dan ini menjadi pendorong bagi kami,” ujar Miyamoto, seperti dikutip dari situs Unpad, Sabtu (27/9/2014).

Lain lagi dengan Yuzuru Usami. Sikap mayoritas mahasiswa Unpad yang berani mengemukakan pendapat, tidak menutup diri, dan sangat interaktif menjadi kesan penting yang tertinggal dalam benaknya selama di Unpad.

Pendapat serupa juga disampaikan Yoshito Koga. Dia menyatakan, antusiasme mahasiwa Unpad untuk dekat dan membantu mereka pun sangat tinggi. Walaupun masalah bahasa kadang menjadi kendala, Koga tetap merasa senang dengan kebaikan yang diterima.

“Mahasiswa Unpad sangat terbuka menerima kami sebagai teman. Sangat ramah. Suasana kelas juga sangat mendukung. Mereka sangat membaur, tidak mempedulikan perbedaan budaya dan asal daerah,” kata Yuichi Honda.

Kelima mahasiswa itu mengaku memiliki alasan tersendiri memilih Indonesia dan Unpad khususnya sebagai lokasi mengikuti short stay program ini. Misalnya Koga yang ingin mengetahui metode budidaya tanaman di negara tropis, termasuk vegetasi tanaman di Indonesia.

Sebelum datang ke Indonesia, mereka terlebih dahulu belajar dan mencari tahu berbagai informasi. Meski sempat khawatir dengan hiruk pikuk kota Bandung, Koga justru merasa nyaman dengan suasana Kota Kembang itu.

“Sebelumnya, diketahui bahwa Bandung merupakan salah satu kota terpadat di Indonesia. Saya membayangkan bahwa di sini pasti sangat padat dan ramai. Tapi setelah ke sini, ternyata Bandung begitu indah dan dikelilingi oleh pegunungan. Pemandangannya sangat menarik,” urai Koga.

Adapun fokus dari kegiatan para mahasiswa itu ialah melakukan perbandingan terkait sistem budaya komoditas holtikultura antara Jepang dengan Indonesia. Aktivitas yang dilakukan antara lain mengikuti perkuliahan di beberapa kelas, melakukan kunjungan laboratorium, serta kunjungan ke sejumlah sarana riset dan pembelajaran di Unpad.

Selain di FTIP, kegiatan juga di lakukan di Fakultas Pertanian Unpad. Terkait dengan salah satu bidang yang sedang dipelajari, food and resource economics, mereka pun melakukan kunjungan ke pasar tradisional dan pasar modern di Bandung.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.