10 Besar PTN yang Terima Peserta SBMPTN

oleh -7 views
Logo UI
Arrief Ramdhani
UI menjadi salah satu PTN penerima peserta SBMPTN 2013. (Foto: dokumentasi UI)
UI menjadi salah satu PTN penerima peserta SBMPTN 2013. (Foto: dokumentasi UI)

PANITIA Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merinci perguruan tinggi negeri (PTN) yang menerima 10 besar peserta SBMPTN 2013 dengan nilai rata-rata tertinggi bidang saintek. Posisi pertama dan kedua adalah ITB dan Universitas Indonesia (UI).
Demikian disampaikan Ketua Umum Panitia Pelaksana SBMPTN 2013 Prof Akhmaloka Phd, di Gedung D, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senayan, Jakarta Selatan, Senin (8/7/2013).

“Ketiga, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Keempat, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan kelima Institut Pertanian Bogor (IPB). Sementara di posisi keenam dan tujuh ada Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung,” jelasnya.

Sedangkan di tempat 8-10, secara berturut-turut berada pada Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, dan Universitas Islam Negeri Jakarta.

Kemudian, kata Akhmaloka, pelajar dengan nilai tertinggi bidang Soshum diterima di Fakultas Ekonomi, jurusan Akuntansi, UI.

Setelah UI, peringkat kedua dihuni oleh ITB disusul UGM dan Unpad. Kemudian di tempat kelima hingga tujuh terdapat Undip, Unair, dan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. Sementara peringkat 8-10 ditempati oleh Universitas Sriwijaya (Unsri), UNS, dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Pengumuman SBMPTN sedianya akan dilangsungkan pada 12 Juli mendatang. Namun, Akhmaloka mengaku, hasil seleksi telah diperoleh lebih cepat sehingga bisa diakses lebih awal oleh para peserta.

“Dulu kami bilang paling telat 12 Juli 2013. Sekarang, Senin 8 Juli sudah bisa diumumkan karena proses seleksi sudah selesai. Bahkan sudah selesai dari kemarin sore. Pukul 17.00 WIB hari ini, hasil SBMPTN akan dimasukkan secara online di website,” pungkas Rektor ITB itu.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.