Simak UI 2018 Diikuti 31.424 Peserta di 13 Kota

Thursday 17 May 2018 , 3:27 AM

Universitas Indonesia

SEBANYAK  31.424 peserta mengikuti ‎Seleksi Masuk Universitas Indonesia (Simak UI) serentak di 13 Kota, Minggu 13 Mei 2018. Ujian dilaksanakan pada pukul 7.00-14.30 WIB.

“Dalam upaya pemerataan kesempatan belajar di UI, maka Simak UI dilaksanakan secara serentak di beberapa kota di Indonesia, sehingga siswa atau siapapun yang ingin masuk UI dapat mengikuti seleksi di beberapa lokasi kota terdekat tanpa harus datang ke kampus UI Depok,” kata Kepala Humas dan KIP UI ‎Rifelly Dewi Astuti dalam keterangan tertulisnya, Minggu 13 Mei 2018.‎

Pelaksanaan Simak UI 2018 berlangsung di sekolah-sekolah yang tersebar di beberapa kota, yakni DKI Jakarta (Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat), Depok, Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Medan, Padang, dan Palembang.

Adapun program studi yang dibuka bagi lulusan SMA/sederajat adalah 13 program studi vokasi (diploma tiga)  dan 35 program studi paralel. Para SMA/sederajat akan bersaing memperebutkan lebih kurang 791 bangku untuk vokasi dan sarjana paralel.

Pada pendidikan vokasi, akuntansi menjadi program studi yang paling diminati. Terbukti, sebanyak 1.310 memilih jurusan tersebut. Sedangkan pada S1 Paralel, pendaftar terbanyak adalah program studi Ilmu Hukum dengan jumlah peminat 5.724 peserta. Lebih lanjut, pada program Magister (S2), program studi yang paling diminati adalah Magister Manajemen.

Simak UI 2018 merupakan penyelenggaraan yang kesepuluh sejak pertama kali dilaksanakan pada 2009. Hasil ujian Simak UI 2018 akan diumumkan pada 6 Juli 2018. Simak UI ‎adalah program seleksi mahasiswa UI yang diselenggarakan oleh UI untuk semua program pendidikan dari jenjang vokasi (Ddploma 3), sarjana (S1) kelas paralel, sarjana kelas internasional, sarjana kelas ekstensi, profesi, magister, spesialis, dan doktoral (S3).

Melalui Simak UI, para calon mahasiswa program vokasi dan sarjana diperkenankan memilih lebih dari satu hingga maksimal enam program studi dengan sekali pendaftaran dan ujian.

Materi ujian pada Simak UI 2018 bagi pendidikan vokasi dan sarjana kelas paralel terbagi dalam beberapa kelompok.

Dalam kelompok IPA, materi yang diujikan yaitu matematika dasar, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris (kemampuan dasar) dan  matematika IPA, fisika, kimia, dan biologi.

Kelompok IPS (kemampuan dasar dan ekonomi, sejarah, geografi, sosiologi). Kelompok IPC (kemampuan IPA, kemampuan IPS dan kemampuan dasar).

Sedangkan materi soal program pascasarjana dan profesi adalah pengukuran kemampuan akademik dan bahasa Inggris.

Comments are closed.