Sekolah Pilot Gratis, Mau?

Friday 14 June 2013 , 16:37 PM
Ilustrasi

Ilustrasi

PEMERINTAH Pusat akan membiayai seluruh taruna yang menimba ilmu di sekolah penerbangan pilot negeri Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) di Banyuwangi, Jawa Timur.
Persyaratannya pun cukup mudah, minimal, kalian harus dari lulusan SMA. Sehingga dapat mengikuti tes untuk masuk di sekolah tersebut. Asyiknya nih, bagi mereka yang diterima masuk, tidak dibebani biaya apapun selama menjalani sekolah selama 1-1,5 tahun itu.

“Siapa pun bisa mengikuti seleksi tes masuk sekolah penerbangan pemerintah selama memenuhi persyaratan dan lolos ujian. Kami berharap sekolah ini bisa dimanfaatkan oleh putera-puteri terbaik bangsa,” beber Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, dalam siaran persnya kepadaOkezone, Jumat (14/6/2013).

Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Yudhisari Sitompul mengatakan, saat ini tengah berjalan pembangunan tahap pertama sekolah pilot negeri di Banyuwangi yang dibiayai APBN 2013 sebesar Rp36 miliar.

Tahun ini, targetnya adalah menyelesaikan hanggar untuk kapasitas 12 pesawat, dua asrama yang bisa menampung 80 siswa pilot, serta satu kantor.

“Selanjutnya pada tahap kedua nanti akan dibangun shelter dan kelengkapan lainnya. Mudah-mudahan dengan adanya sekolah penerbangan ini bisa ikut menggeliatkan potensi lain yang ada di Banyuwangi,” kata Yudhisari.

Sekolah pilot di Banyuwangi menelan dana mencapai Rp200 miliar untuk penyelesaian kampus dan berbagai fasilitas ideal lainnya yang akan tuntas 2016.(kampus.okezone.com)