Sekolah di Kota Bogor Diminta Gelar Pesantren Kilat

Monday 28 May 2018 , 12:32 PM

Ilustrasi : Sejumlah anak membaca Alquran. (republika.co.id)

PEMERINTAH Kota Bogor menginstruksikan kepada seluruh sekolah di Kota Bogor untuk menyelenggarakan pesantren kilat (sanlat) di bulan suci ramadhan. Kepala Dinas Pendidikan Fahrudin mengatakan sudah menyebarkan surat edaran ke sekolah-sekolah berbagai tingkatan untuk menyelenggarakan sanlat saat Ramadhan.

“Usai Ujian Kenaikan Kelas (UKK) para siswa khususnya yang beragama Islam akan mengikuti sanlat di sekolah masing-masing. Rencananya dari 28 – 31 Mei 2018,” kata Fahrudin melalui pesan tertulis, Ahad (27/5).

Selama sanlat, salah satu acaranya adalah kegiatan sosial berupa infak shodaqoh atau santunan yang akan diberikan kepada warga yang kurang mampu sekitar sekolah masing-masing. Ini ditujukan untuk meningkatkan rasa kepedulian para siswa.

“Pada intinya selama ramadhan kegiatan para siswa lebih diarahkan ke kegiatan religius dengan harapan akan terbawa sampai nanti dihari-hari setelah ramadhan,” harap dia.

Khusus pelaksanaan Hari Jadi Bogor (HJB) Ke-536 Tahun 2018 yang berbarengan dengan ramadhan, Fahrudin menerangkan bersama jajarannya dan seluruh sekolah di Kota Bogor turut membantu mensosialisasikan HJB kepada masyarakat dan meramaikan dengan memasang spanduk, baik dilingkungan Dinas Pendidikan maupun sekolah-sekolah yang ada di Kota Bogor.

Sebelum ramadhan, dalam rangka HJB ke-536 kami mengadakan Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) Tingkat SMP, Insya Allah usai ramadhan akan dilanjutkan dengan kegiatan lain. “Intinya dalam rangka merayakan HJB tahun ini yang berbarengan ramadhan kita ajak untuk berbagi kepada sesama yang kondisinya kurang mampu disekitar sekolah,” jelas dia.(republika.co.id)

Comments are closed.