Ragam Kegiatan Siswa dan Orangtua Selama MPLS

Wednesday 18 July 2018 , 11:07 AM

Orang tua murid mengantar anaknya di hari pertama masuk sekolah, di SD Negeri Lengkong Wetan 1, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Senin (16/7/2018). Sebanyak 120 murid baru di SDN Lengkong Wetan 1 nampak diantar oleh orangtua pada hari pertama tahun ajaran baru 2018/2019 (edukasi.kompas.com)

MASA Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) telah memasuki hari ke-2. Di awal tahun ajaran, sekolah diwajibkan melaksanakan MPLS sebagai pengganti Masa Orientasi Sekolah (MOS). Ketentuan MPLS untuk tahun ajaran ini masih mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 18 Tahun 2016. Tujuan utama MPLS adalah membangun suasana ramah, aman, nyaman dan menyenangkan bagi calon siswa baru. Karenanya, kegiatan perploncoan, hukuman fisik tidak mendidik atau pembulian senior kepada junior dilarang untuk dilakukan dalam MPLS. Lalu kegiatan apa saja yang dapat dilakukan siswa dan orangtua selama MPLS?

1. Ragam kegiatan siswa

Forum Sahabat Keluarga dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyampaikan, MPLS dapat dijadikan sarana bagi siswa baru untuk melatih sosialisasi. Ragam kegiatan siswa selama MPLS: Berkenalan dengan siswa baru lain dan kakak kelas. Pengenalan sekolah kepada siswa baru oleh guru dibantu kakak kelas. Kakak kelas menceritakan pengalaman positif di sekolah. Mengenalkan ragam kegiatan ekstrakurikuler.

2. Ragam kegiatan orangtua

Tidak hanya bagi siswa baru, MPLS juga menjadi sarana bagi orangtua untuk membangun suasana positif dan menyenangkan di sekolah bersama para pendidik. Baca juga: Hari Pertama Sekolah Jangan Lupa Bertukar Nomor HP Ragam kegiatan orangtua selama MPLS: Menyediakan kebutuhan dan perlengkapan sekolah. Menyiapkan sarapan dan makan bersama. Mengantar anak ke sekolah. Berinteraksi dengan wali kelas untuk menitipkan anak di sekolah.

3. Gerakan mengantar anak sekolah

Terkait tahun ajaran baru, Dinas Pendidikan (Disdik) provinsi DKI Jakarta mengeluarkan Surat Edaran perihal Gerakan Mengantar Anak Hari Pertama Masuk Sekolah Tahun Pelajaran 2018/2019. Dalam surat edaran yang ditujukan kepada seluruh kepala sekolah tersebut, Plt. Disdik DKI Jakarta Bowo Irianto menghimbau kepada para orangtua siswa baru untuk mengantar anak pada hari pertama masuk sekolah di tahun ajaran baru.

4. Bertukar nomor telepon

Ada 3 hal ditekankan oleh Bowo Irianto terkait hari pertama masuk sekolah, yaitu: Kepala sekolah dan guru diharapkan menyambut siswa baru dan orangtua yang mengantar. Kepala sekolah dan guru berinteraksi dengan siswa baru dan orangtua murid yang mengantar. Disdik juga mengingatkan pihak sekolah dan orangtua bertukar nomor telepon atau kontak lain untuk memudahkan komunikasi dalam menjalin komitmen bersama untuk pendidikan yang lebih positif dan menyenangkan. (edukasi.kompas.com)

Comments are closed.