PSM Unpad Pukau Penonton di Festival “XXI Choralies” Vaison de la Romane Perancis

Friday 16 August 2013 , 8:23 AM
Logo Unpad

Logo Unpad

SETELAH sukses menggelar konser kebudayaan di Andorra, Spanyol, Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Unpad meraih sambutan terhangat pada panggung festival “XXI Choralies” Vaison de la Romane, Perancis. Partisipasi PSM Unpad dalam festival yang digelar setiap 3 tahun sekali tersebut merupakan rangkaian misi kebudayaan yang diusung dengan tema “Enchantment of Indonesia”.

PSM Unpad mengawali aksinya tanggal 5 Agustus dengan menggelar konser kebudayaan di Rasteau, menampilkan berbagai tarian, angklung, dan lagu daerah Indonesia. Selain itu, PSM Unpad mendapat kehormatan untuk tampil sebanyak 3 kali di beberapa tempat.

Selanjutnya pada tanggal 6 Agustus, PSM Unpad dengan dipimpin konduktor kenamaan Bradly Allred, membawakan 3 karya Titanic Requiem, diiringi  Chamber Orkestra dari Rumania. Dalam kesempatan tersebut, PSM Unpad menjadi paduan suara pertama yang menampilkan karya Donal Patriquin di Eropa.

Di puncak festival, PSM Unpad kembali memukau penonton dengan menampilkan lagu-lagu dan tarian daerah di Theatre Du Nymphee, Vaison la Romaine.

Selama tampil sebagai peserta festival, penonton selalu memadati gedung konser. Sambutan hangat,standing aplause, dan permintaan encore selalu diteriakan para audience. Bahkan beberapa warga sekitar selalu menunggu setiap sesi latihan yang diadakan PSM Unpad.

Festival yang digelar sejak tanggal 1 Agustus ini merupakan ajang  workshop dan simposium bergengsi yang telah digelar sejak tahun 1953. Para peserta adalah berbagai paduan suara terpilih dari Eropa, Amerika, Afrika, dan Asia yang merupakan juara di beberapa kompetisi tingkat internasional.

PSM Unpad pun menjadi delegasi Asia setelah memperoleh undangan dari juri “48th Montreux Choral Festival”, Jean Claude Wilkens, atas kemenangannya sebagai Grand Prix Champion tahun 2012 lalu.

Atas penampilan tersebut, kalangan artistik musik, juri, dan dirigen terkemuka mengapresiasi positif serta banyak memberikan tawaran kerjasama dengan PSM Unpad, khususnya di kompetisi bergengsi. Pada bulan Mei 2014 mendatang, PSM Unpad pun diundang untuk berpartisipasi dalam kompetisi Internasional di Jerman yang dilanjutkan dengan festival paduan suara internasional di Belanda.

Sebelumnya, PSM Unpad berhasil meraih dua gelar di “59th International Contest of Habbanera and polyphony of Torrevieja“, Spanyol pada 22 – 28 Juli lalu.(unpad.ac.id)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Antabuse without prescription tablets cheap deltasone contain prednisone