PPPPTK Matematika dan Perpustakaan Kemendikbud Sediakan Bahan Ajar Secara Daring

Wednesday 13 June 2018 , 11:04 AM

Ilustrasi (www.visionaustralia.org)

PUSAT Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika (PPPPTK Matematika) Yogyakarta bekerja sama dengan Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyediakan bahan ajar dan modul pembelajaran matematika secara daring (online). Bahan ajar dan modul tersebut dapat diunduh melalui pranala http://repositori.perpustakaan.kemdikbud.go.id.

Bahan ajar daring tersebut cukup diminati masyarakat khususnya para guru. Berdasarkan statistik laman repositori perpustakaan Kemendikbud, sampai bulan Juni 2018, bahan ajar tersebut sudah diunduh lebih dari 26.000 kali.

Repositori perpustakaan Kemendikbud merupakan layanan informasi digital yang menyediakan akses terbuka dan daring kepada publik terkait dengan berbagai informasi pendidikan dan kebudayaan yang dihasilkan oleh seluruh unit kerja di lingkungan Kemendikbud dalam berbagai format. Pemanfaatan repositori tersebut secara daring diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses informasi dengan cepat, tepat, dan akurat.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kemendikbud, Ari Santoso, mengatakan keberadaan repositori ini diharapkan dapat menjadi pusat informasi digital yang menyimpan, menyelematkan, dan mendistribusikan sumber informasi yang dibutuhkan masyarakat. “Hal ini bermanfaat untuk kepentingan informasi, pembuktian, dan akuntabilitas yang dapat diakses dari dalam maupun luar institusi serta diharapkan juga dapat menjadi tolok ukur kinerja insitusi yang dapat terlihat oleh publik,” kata Ari Santoso, di Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Kepala PPPPTK Matematika, Daswatia Astuty, mengatakan pihaknya melalui unit perpustakaan telah menyediakan bahan ajar dan modul dalam bentuk digital ke dalam repositori Kemendikbud sebanyak 54 bahan yang telah disetujui dan dapat diunduh. “Saat ini unit Perpustakaan PPPPTK Matematika terus mengajukan bahan informasi digital untuk dapat diterima di repositori perpustakaan Kemendikbud,” kata Daswatia Astuty.

Daswatia menambahkan, berdasarkan data statistik yang dihimpun tanggal 8 Juni 2018, total unduhan modul dan bahan ajar dari PPPPTK Matematika telah tembus sebanyak 26.668 unduhan. Modul dan bahan ajar yang banyak diunduh yaitu: 1. Penelitian Tindakan Kelas di SD (4.122 unduhan); 2. Pengenalan Bangun Datar dan Sifat-sifatnya di SD (4.048 unduhan); 3. Guru Pembelajar Modul Matematika SMP: Kelompok Kompetensi C Pedagogik Model Pembelajaran Matematika; 4. Guru Pembelajar Modul Matematika SMP: Kelompok Kompetensi J Pedagogik Refleksi dan PTK; 5. Guru Pembelajar Modul Matematika SMP: Kelompok Kompetensi A Pedagogik Karakteristik Siswa SMP.(kemdikbud.go.id)

Comments are closed.