Menunggu Kelulusan, Siswa Diminta Melakukan Hal-hal Positif

Wednesday 02 May 2018 , 7:33 AM

Ilustrasi.(fokusjabar.com)

KEPALA  Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dodin Rusmin Nuryadin, mengimbau kepada seluruh siswa yang telah mengikuti Ujian Negara (UN) tingkat SMA/SMK/SLB, untuk mengisi kegiatan dengan hal yang positif sambil menunggu pengumuman kelulusan.

“Saya sebagai pembina SMK mengimbau kepada seluruh siswa peserta Ujian Nasional (UN) tidak melakukan hal-hal yang negatif sebelum kelulusan diumumkan. Janganlah mencorat-coret seragam, pawai, dan hal-hal negatif lainnya,” ungkap Dodin Rusmin Nuryadin.

Setiap tahunnya, hal-hal negatif tersebut sedikit demi sedikit telah bekurang. Para siswa direkomendasikan untuk melakukan kegiatan-kegiatan seperti mengkuti kegiatan seminar bisnis, career days, dan mengikuti kegiatan positif yang lainnya.

Kepala Sekolah SMKN 3 Bandung, Dra. Euis Purnama, M.M.Pd., mengimbau anak-anak SMK se-Jawa Barat, khususnya SMKN 3 Bandung untuk menyikapi kelulusan pada 2 Mei 2018 dengan penuh rasa syukur. Salah satunya dicerminkan dengan bersikap santun, menjaga tata tertib tatanan yang ada di masyarakat, menyumbangkan seragam-seragam.

“Diharapkan hidup siswa dapat bermanfaat di masyarakat, sukses, karena ini baru langkah awal hidup di dalam kawah candra dimuka,” ujarnya.

Imbauan Kadisdik Jabar

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat mengimbau kepada para Pengawas dan Kepala SMA/SMK/SLB Negeri dan Swasta untuk mengantisipasi kegiatan siswa kelas XII sebelum pengumuman kelulusan. Antara lain:

– Memastikan tidak memberi ruang dan waktu kepada siswa-siswi untuk merayakan kegiatan selesai UN dengan melakukan hal-hal tidak terpuji seperti pawai keliling, mencorat-coret pakaian dan kegiatan lainnya yang tidak mencerminkan karakter dan akhlak yang baik.

– Memberi ruang dan waktu untuk peserta didik pasca UN dengan mengisi kegiatan yang bermanfaat misalnya persiapan seleksi ke Perguruan Tinggi, bursa kerja, atau kegiatan kreativitas lainnya dalam bidang keagamaan, seni, olah raga atau bakti sosial yang lainnya.(pikiran-rakyat.com)

Comments are closed.