Calon Mahasiswa PTN Bisa Ikut Tes Dua Kali

Tuesday 30 October 2018 , 8:14 AM

Ilustrasi

CALON  mahasiswa yang ingin masuk perguruan tinggi negeri (PTN) diberi kesempatan ikut tes dua kali. Sekali tes, calon mahasiswa harus bayar uang pendaftaran Rp 200 ribu.

Menurut Ketua Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (SNPMB PTN) 2019 Prof Dr Ravik Karsidi, biaya Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) tersebut tidak naik dibandingkan tahun lalu. Bahkan cenderung turun mengingat ada inflasi.

“Ada pendaftaran ujian, ada pendaftaran masuk perguruan tinggi. Dipungut hanya sekali. Sedangkan masuk PTN tidak dikenakan biaya,” ujar Ravik di Kantor Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Senin (22/10).

Untuk ikut tes, siswa tidak harus menunggu lulus dulu. Begitu sudah kelas 12, siswa bisa ikut ujian tes berbasis komputer yang dilaksanakan sekitar Maret-Mei 2019.

“SMPTN tidak ada perubahan, sama seperti tahun lalu. Jadi yang berubah hanya SBMPTN, menggunakan UTBK (ujian tulis berbasis komputer), yang berbasis cetak sudah tidak ada. Bayar setiap kali tes,” tandasnya.

Soal passing grade, menurut Ravik, tidak bisa ditentukan sekarang. Nanti setelah siswa mendaftar, lalu disesuaikan dengan kuota.(jpnn.com)

Comments are closed.