Berikut Persyaratan Beasiswa Pemprov Jabar

Thursday 10 May 2018 , 4:10 AM

Ilustrasi

TAHUN ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat menganggarkan dana sebesar Rp 13 miliar untuk beasiswa mahasiswa warga Jawa Barat. Menurut Penanggungjawab Beasiswa Pemprov Jabar sekaligus Kepala Seksi Pengawasan Pendidikan Kepala Canag Dinas XIII, Hendra Sudrajat, pada prinsipnya semua perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta provinsi Jawa Barat yang memenuhi kriteria dan persyaratan berkesempatan sama dapat mengajukan permohonan Beasiswa Pemprov Jabar.

“Namun karena terbatasnya alokasi dana, maka pemberian Beasiswa Pemprov Jabar 2018 diberikan kepada Lembaga penerima manfaat yang telah menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” kata Hendra, belum lama ini. Yakni, meliputi Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta di bawah Kopertis dan Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta di bawah Kopertis dengan kriteria sebagai berikut:

a. Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta dibawah Kopertis dan Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta Kopertais penyelenggara program studi terakreditasi B yang masih berlaku pada jenjang D3, D4, S1, S2 dan atau S3 dan telah menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat;

b. Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta yang telah ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Penerima Bantuan Beasiswa tahun 2018 oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat;

c. Bersedia menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

“Selain itu, mengacu kepada Perjanjian Kerjasama antara Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat tentang Beasiswa Pemprov Jabar maka penentuan/penetapan jumlah, nama-nama perguruan tinggi dan kuota masing-masing perguruan tinggi/lembaga menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” jelas Hendra. Sedangkan daftar 93 Perguruan Tinggi untuk penerima Beasiswa Pemprov Jabar ini sudah diberitahukan sebelumnya.

Seperti dikutip dari situs web Dinas Pendidikan Jawa Barat, masih dikatakan Hendra, adapun persyaratan yang harus disiapkan mahasiswa untuk mendaftar Program Bantuan Biaya Pendidikan (Beasiswa Pemprov Jabar) tahun 2018 adalah sebagai berikut.

1. Surat Permohonan Mahasiswa kepada Pimpinan Perguruan Tinggi

2. Fotokopi Kartu Keluarga dan KTP Jawa Barat.

3. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) atau yang sejenis sebagai bukti mahasiswa aktif.

4. Pas photo warna terbaru ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar

5. Surat pernyataan tidak menerima bantuan biaya pendidikan dari sumber lain.

6. Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari pimpinan Fakultas/Jurusan.

7. Foto copy sertifikat, piagam penghargaan atau bukti prestasi lainnya (ko-kurikuler dan atau ekstra kurikuler) yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah yang kompeten dan atau organisasi formal dan kompeten lain pada tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional, Regional, maupun Internasional.

8. Transkrip nilai bagi mahasiswa semester 2 ke atas.

9. SKHUN bagi mahasiswa semester 1 jenjang D3, D4 dan S1 atau transkrip nilai jenjang sebelumnya bagi mahasiswa semester 1 jenjang S2 dan S3.

Disinggung kriteria mahasiswa penerima bantuan biaya pendidikan tahun 2017 adalah mahasiswa PNS/non-PNS Penduduk Jawa Barat dibuktikan dengan Kartu Keluarga dan KTP Jawa Barat. Selain itu, mahasiswa jenjang D3, D4, S1, S2 atau S3 berstatus aktif pada perguruan tinggi penerima beasiswa pemerintah Provinsi Jawa Barat program studi terakreditasi minimal B.

“Lalu, tidak sedang menerima bantuan beasiswa dari sumber lain, berkelakuan baik, memiliki alternatif prestasi,” kata Hendra.

a. Alternatif Prestasi akademik :

Untuk mahasiswa semester 1-2 :

1. Jenjang D3, D4 dan S1 : Nilai rata-rata hasil Ujian Nasional SMA/MA/SMK minimal 7,00

2. Jenjang S2 : IPK pada jenjang S1 minimal 3,25

3. Jenjang S3 : IPK pada jenjang S2 minimal 3,25

– Untuk mahasiswa semester 3 ke atas :

1. Jenjang D3, D4 dan S1 : IPK minimal 3,00

2. Jenjang S2 dan S3 : IPK minimal 3,25

– Sedang melaksanakan penelitian atau penyelesaian tugas akhir yang mendapat rekomendasi dan dikategorikan layak mendapat bantuan menurut pertimbangan dosen pembimbing/dosen wali di perguruan tinggi yang bersangkutan.

– Mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu secara ekonomi atau dikategorikan layak mendapat bantuan menurut pertimbangan dosen pembimbing/dosen wali di perguruan tinggi yang bersangkutan.

b. Alternatif Prestasi Non Akademik :

– Berprestasi di bidang olahraga (atlet/keluarga atlet),

– Berprestasi di bidang kesehatan,

– Berprestasi di bidang pendidikan,

– Berprestasi di bidang seni,

– Berprestasi di bidang budaya,

– Berprestasi di bidang sains,

– Berprestasi di bidang teknologi dan komunikasi,

– Berprestasi di bidang keagamaan,

– Berprestasi di bidang hafal Al Qur’an minimal 5 Juz,

– Berprestasi di bidang lain (akademik/non akademik) berdasarkan pertimbangan atau rekomendasi dari pemerintah Provinsi Jawa Barat. Prestasi non akademik yang dimiliki dibuktikan dengan adanya sertifikat, medali atau surat keterangan resmi dari pihak berwenang.

Syarat lainnya untuk penerima Beasiswa Pemprov Jabar juga adalah  bersedia menanggulangi kekurangan dana bantuan biaya pendidikan. Dan untuk mahasiswa non PNS bersedia menandatangani surat perjanjian tidak akan menuntut untuk diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil terkait program beasiswa yang diterimanya.

Comments are closed.